TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bolu Kukus Mekar Sempurna yang Cantik dan Mengembang

Ikuti langkahnya untuk cegah kegagalan 

ilustrasi bolu kukus mekar sempurna (youtube.com/Windy Novitasari)

Pernah penasaran kenapa bolu kukus yang kamu bikin sering gak mekar sempurna? Tenang saja, kamu gak sendirian, kok. Membuat bolu kukus yang mekar sempurna sebenarnya gak sesulit yang dibayangkan.

Dengan mengikuti resep bolu kukus mekar sempurna ini, kamu jadi membuat kue jadi mengembang dengan baik. Kamu akan belajar perihal bahan-bahan yang harus dipakai, teknik pengadukan yang benar, dan beberapa trik sederhana supaya bolu kukus yang dapat mengembang dengan cantik serta berwarna cerah.

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Pisang Mudah Tanpa Mixer Anti Gagal

Bahan Bolu Kukus Mekar Sempurna

ilustrasi mengayak tepung terigu (pexels.com/Klaus Nielsen)
  1. 250 gram tepung terigu protein sedang
  2. 200 gram gula pasir
  3. 2 butir telur
  4. 1 sdt emulsifier
  5. 200 ml air soda
  6. 1 sdt vanili bubuk
  7. pewarna makanan (opsional, sesuai selera)

Cara Membuat

ilustrasi membuat adonan kue (pexels.com/Nicole Michalou)
  1. Panaskan kukusan terlebih dahulu dengan api besar hingga air mendidih. Pastikan tutup kukusan dilapisi kain agar uap air gak menetes ke adonan.
  2. Ayak tepung terigu dan vanili bubuk agar gak ada gumpalan. Sisihkan.
  3. Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier dengan mikser berkecepatan tinggi hingga putih, mengembang, dan kental berjejak sekitar 8—10 menit.
  4. Masukkan air soda secara perlahan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk dengan mikser berkecepatan rendah.
  5. Setelah air soda tercampur rata, masukkan campuran tepung terigu dan vanili sedikit demi sedikit. Aduk hingga adonan tercampur rata dan gak ada gumpalan.
  6. Bagi adonan menjadi beberapa bagian jika ingin membuat bolu kukus dengan warna-warna berbeda. Tambahkan pewarna makanan sesuai selera dan aduk hingga rata.
  7. Tuang adonan ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah dialasi kertas cup. Isi cetakan hingga penuh untuk memastikan bolu mekar sempurna saat dikukus.
  8. Masukkan cetakan bolu ke dalam kukusan yang sudah panas. Kukus dengan api besar selama 15—20 menit tanpa membuka tutup kukusan.
  9. Setelah matang, angkat bolu kukus dari kukusan dan biarkan dingin sebentar sebelum disajikan.
  10. Sajikan bolu kukus mekar sempurna untuk camilan.

Baca Juga: 5 Penyebab Bolu Kukus Bantat yang Sering Dilakukan Pemula

Verified Writer

Lathiva R. Faisol

Senang membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya