TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Kue Sus Buah yang Creamy, Cocok Jadi Isian Hampers

Perpaduan kulit renyah dengan buah segarnya nikmat!

ilustrasi kue sus buah (YouTube.com/Cooking with Hel)

Siapa yang bisa menolak renyahnya kue sus dengan isian krim lembut dan segarnya buah-buahan? Tentu tidak ada! Kombinasi rasa manis, creamy, dan kesegaran dari potongan buah bikin kue sus buah ini jadi camilan yang istimewa.

Gak cuma lezat, tampilan kue sus ini juga cantik, sehingga cocok untuk sajian di acara spesial, seperti arisan atau syukuran. Siapa pun yang menerima kue ini pasti senang banget!

Bikin kue sus buah ini pun ternyata gak sesulit yang dibayangkan, lho. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan langkah yang simpel, kamu bisa menciptakan kue sus buah yang renyah di luar, tapi lembut dan segar di dalam. Cek resep kue sus buah ini, yuk!

Baca Juga: Resep Kue Telaga Emas Cokelat yang Lembut dan Legitnya Nagih

Bahan Kue Sus Buah

ilustrasi susu cair (pixabay.com/Alexas_Fotos)

Bahan sus:

  1. 240 ml air
  2. 100 gram butter
  3. 140 gram tepung terigu cakra
  4. 4 butir telur
  5. sejumput garam

Bahan vla:

  1. 400 ml susu cair
  2. 80 gram gula pasir
  3. 30 gram tepung maizena
  4. 1 butir kuning telur
  5. 1 sdm margarin
  6. sejumput garam

Bahan topping:

  1. stroberi, iris tipis
  2. kiwi, potong kecil
  3. jeruk, potong kecil

Cara Membuat

ilustrasi membuat adonan kue sus buah (YouTube.com/Cooking with Hel)
  1. Didihkan air dan butter dalam panci hingga mendidih. Masukkan tepung terigu dan garam secara bertahap sambil diaduk cepat menggunakan whisk hingga adonan kalis dan tidak menempel di panci. Angkat dan dinginkan sebentar.
  2. Setelah adonan agak hangat, masukkan telur satu persatu sambil dikocok menggunakan mikser hingga adonan halus, lembut, dan mengilap.
  3. Masukkan adonan ke dalam kantong segitiga yang sudah dipasangi spuit. Semprotkan adonan ke dalam loyang pie kecil yang sudah diolesi margarin.
  4. Kemudian, panggang dalam oven yang telah dipanaskan pada suhu 200 derajat Celsius selama 20 menit. Jangan membuka oven selama proses memanggang agar sus tidak kempis.
  5. Kini saatnya membuat vla. Campurkan susu cair, gula, dan tepung custard dalam panci. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan.
  6. Masak campuran di atas api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih dan mengental.
  7. Tambahkan kuning telur sambil terus diaduk dengan cepat supaya tidak terbentuk gumpalan. Masak hingga vla mendidih dan meletup-letup.
  8. Angkat dari api, lalu masukkan margarin dan garam. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna. Biarkan vla dingin sebelum digunakan.
  9. Setelah kulit sus dingin, belah menjadi dua bagian. Isi bagian dalam dengan vla. Kemudian, hiasi bagian atas sus dengan potongan buah-buahan segar.
  10. Jika ingin buah terlihat mengkilap, rebus campuran jelly bubuk, gula, dan air hingga larut. Siramkan di atas buah.
  11. Sajikan kue sus buah.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Kue Sus Kempis, Gak Repot, kok!

Verified Writer

Rismawati

Have a nice day

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya