TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bolu Mentega Meses Pandan, Super Lembut yang Meleleh di Mulut!

Lembutnya bikin nagih

ilustrasi bolu mentega meses pandan (YouTube.com/Ummu Habibah id.)

Bolu mentega meses pandan adalah salah satu kue yang selalu berhasil mencuri perhatian dengan teksturnya yang super lembut dan rasanya yang menggoda. Kombinasi aroma pandan yang harum dan taburan meses yang manis membuat setiap gigitan bolu ini terasa begitu istimewa. Kue ini cocok dinikmati saat kumpul bersama keluarga atau sebagai suguhan spesial untuk tamu. 

Membuat bolu mentega meses pandan di rumah ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, kamu bisa menghadirkan kue yang meleleh ini di meja makan. Yuk, ikuti resep berikut dan nikmati kelezatan bolu mentega meses pandan buatan sendiri!

Bahan Bolu Mentega Meses Pandan

ilustrasi telur ayam (pixabay.com/ipezibear)

Bahan-bahan:

  1. 125 gram mentega
  2. 3 butir telur
  3. 90 gram gula pasir
  4. 1/2 sdt ekstrak vanili
  5. 125 gram terigu serbaguna
  6. 1/2 sdt pasta pandan
  7. 1 bungkus santan kara
  8. 4 sdm meses (sesuai selera)
  9. 1 bungkus susu bubuk
  10. 1/2 sdt baking powder
  11. 1 bungkus susu kental manis

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Mekar Susu yang Moist untuk Camilan Sore

Cara Membuat Bolu Mentega Meses Pandan

ilustrasi membuat adonan bolu mentega meses pandan (YouTube.com/Ummu Habibah id.)
  1. Dalam mangkuk besar, kocok mentega dan gula pasir menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang pucat dan lembut, sekitar 10 sampai 15 menit.
  2. Masukkan telur secara bertahap, kocok terus hingga adonan mengembang lembut dan tercampur rata. Kemudian, tambahkan ekstrak vanili, aduk kembali hingga adonan benar-benar tercampur rata.
  3. Dalam wadah terpisah, ayak tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder. Sisihkan.
  4. Masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung ke dalam adonan telur sambil diaduk balik menggunakan spatula hingga rata dan tidak ada lagi tepung yang menggumpal.
  5. Dalam gelas ukur, campurkan santan kental, susu kental manis, dan pasta pandan. Aduk rata.
  6. Tuang perlahan campuran santan ke dalam adonan sambil diaduk balik hingga rata.
  7. Tambahkan meses, aduk rata dengan spatula hingga terdistribusi merata.
  8. Pindahkan adonan ke loyang yang sudah dilapisi kertas baking dan diolesi margarin tipis-tipis. Hentakkan loyang beberapa kali agar adonan rata dan gelembung udara keluar.
  9. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 40 sampai 45 menit atau hingga matang. Gunakan lidi untuk menusuk kue guna memastikan tingkat kematangan.
  10. Setelah matang, keluarkan bolu dari oven dan biarkan dingin di dalam loyang sebentar. Setelah agak dingin, keluarkan dari loyang dan letakkan di rak kawat hingga benar-benar dingin.

Verified Writer

Rismawati

Have a nice day

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya