TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bolu Kojo Mini yang Lembut dan Wangi, Caranya Gampang!

Aroma harumnya bikin kepincut

ilustrasi bolu kojo mini (YouTube com/Neti Recipes)

Bolu kojo mini punya daya tarik tersendiri, apalagi kalau teksturnya lembut dengan aroma wangi menggoda. Kue tradisional asal Palembang ini dikenal dengan cita rasanya yang manis dan gurih.

Dibuat dengan bahan-bahan sederhana, seperti tepung terigu, santan, dan pandan, bolu ini jadi pilihan pas buat kamu yang ingin menikmati camilan praktis. Meski ukurannya mini, rasa dan aroma dari bolu kojo ini gak main-main.

Setiap gigitan bolu kojo mini ini lembut di mulut dengan wangi khas pandan yang bikin sulit berhenti makan. Cocok banget disajikan saat santai bersama keluarga atau jadi hidangan istimewa di acara spesial. Yuk, intip resep bolu kojo mini ini!

Baca Juga: Resep Bolu Gulung Cokelat dan Pandan untuk Camilan saat Arisan

Bahan Bolu Kojo Mini

ilustrasi bahan pembuatan bolu Kojo mini (YouTube.com/Neti Recipes)
  1. 2 butir telur ukuran besar
  2. 200 gram gula pasir
  3. 600 ml air santan 
  4. 150 ml air jus pandan
  5. 1 1/2 sdm mentega dicairkan
  6. 1 bungkus susu kental manis putih
  7. 250 gram tepung terigu

Cara Membuat

ilustrasi membuat adonan bolu kojo mini (YouTube.com/Neti Recipes)
  1. Panaskan santan kelapa hingga mendidih, lalu dinginkan hingga suhu ruang. Proses pendinginan ini penting agar santan tidak menggumpal saat dicampurkan dengan bahan lainnya.
  2. Lelehkan margarin dengan cara ditim atau di panaskan dengan api kecil. Setelah leleh, dinginkan hingga suhu ruang.
  3. Dalam wadah bersih, kocok telur dan gula pasir menggunakan balloon whisk atau sendok kayu hingga tercampur rata dan sedikit mengembang. Tidak perlu dikocok terlalu kencang, cukup hingga adonan berwarna pucat dan bertekstur sedikit lembut.
  4. Masukkan santan kelapa dingin, jus pandan, dan susu cair secara bertahap ke dalam adonan telur. Aduk rata setelah setiap penambahan bahan.
  5. Tuangkan margarin leleh yang sudah dingin ke dalam adonan. Aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.
  6. Ayak tepung terigu protein rendah ke dalam adonan. Aduk rata menggunakan spatula atau whisk hingga tidak ada lagi gumpalan tepung. Jika masih ada sedikit gumpalan, saring adonan menggunakan saringan kawat.
  7. Olesi cetakan martabak mini atau snack maker dengan mentega atau minyak tipis-tipis agar adonan tidak lengket saat dipanggang. Tuangkan adonan ke dalam cetakan hingga mencapai 3/4 bagian.
  8. Panggang adonan dalam cetakan di atas kompor dengan api kecil. Tutup rapat cetakan agar bolu matang merata dan bagian atasnya tidak kering. Waktu memanggang sekitar 20 menit, namun waktu yang tepat dapat bervariasi tergantung pada jenis kompor dan cetakan yang digunakan.
  9. Setelah matang, keluarkan bolu kojo mini dari cetakan menggunakan garpu dan spatula kue. Biarkan bolu sedikit dingin sebelum disajikan.
  10. Sajikan bolu kojo mini selagi hangat bersama secangkir teh hangat atau kopi.

Baca Juga: Resep Bolu Pisang Kukus Tanpa Mixer Anti Gagal

Verified Writer

Rismawati

Have a nice day

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya