TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Krencengan Merah yang Cocok untuk Lauk Sehari-hari

Pedas di mata, pedas juga di lidah!

krencengan merah (youtube.com/Rudy dan Sahabat TV)

Krencengan merah adalah salah satu masakan khas Kediri yang sangat populer. Masakan ini terbuat dari daging sapi atau ayam yang dimasak bersama bumbu pedas berwarna merah. Krencengan merah memiliki cita rasa yang khas, yaitu pedas, gurih, dan manis.

Krencengan merah biasanya disajikan dengan nasi putih hangat beserta lalapan. Masakan ini juga sering menjadi menu favorit saat acara-acara tertentu, seperti hajatan atau momen kumpul keluarga.

Resep krencengan merah ini sangat cocok untuk pemula yang ingin mencoba membuat hidangan rumahan yang lezat dan mudah. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan di pasar sehingga kamu tidak perlu repot-repot mencarinya.

Bahan-bahan yang diperlukan

ilustrasi daging sapi (freepik.com/timolina)
  1. 500 gram daging sapi, potong dadu
  2. 1 sdt. garam
  3. 1/2 sdt. lada bubuk
  4. 1 sdm. kecap manis
  5. 1 sdm. saus tiram
  6. 1 sdm. minyak goreng
  7. 5 siung bawang merah, cincang halus
  8. 3 siung bawang putih, cincang halus
  9. 5 buah cabai merah keriting, cincang halus
  10. 2 buah cabai rawit merah, cincang halus
  11. 1 ruas lengkuas, memarkan
  12. 2 batang serai, memarkan
  13. 2 lembar daun salam
  14. 1 sdt. gula merah, sisir halus
  15. 1 sdm. bawang goreng

Cara membuat krencengan merah

ilustrasi sedang memasak (freepik.com/senivpetro)
  1. Marinasi daging dengan garam, lada bubuk, kecap manis, dan saus tiram selama 30 menit agar bumbu meresap sempurna dan daging menjadi lebih lezat dan empuk.
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang hingga panas. Kemudian, masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dicincang halus. Tumis hingga bawang merah dan bawang putih berubah warna menjadi kecokelatan dan harum.
  3. Setelah bawang merah dan bawang putih layu dan harum, masukkan cabai merah keriting, cabai rawit merah, lengkuas, serai, dan daun salam. Tumis hingga harum dan matang, sambil diaduk sesekali agar tidak gosong.
  4. Masukkan daging dan bumbu marinasi. Aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam daging. Tuang air secukupnya, lalu masak dengan api sedang hingga daging matang dan kuah menyusut.
  5. Untuk menambah cita rasa manis dan gurih, tambahkan gula merah dan bawang goreng. Aduk rata hingga gula merah larut dan bawang goreng tercampur merata. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Baca Juga: 7 Aneka Resep Masakan Pedas Rumahan, Penggugah Selera Makan!

Verified Writer

Rian Ardian

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya