TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Kari Cumi Rebung, Lauk Pelengkap yang Sedapnya Bikin Kalap

Rasanya pecah di mulut

kari cumi rebung (youtube.com/Rudy dan Sahabat TV)

Makan siang bersama keluarga memang paling nikmat jika dilengkapi dengan lauk yang lezat dan menggugah selera. Salah satu lauk yang bisa kamu coba adalah kari cumi rebung.

Kari dengan olahan cumi dan rebung adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang memiliki cita rasa gurih dan lezat. Selain rasanya yang lezat, kari cumi rebung juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Cumi-cumi merupakan sumber protein yang baik, sedangkan rebung mengandung serat yang tinggi. Jika kamu ingin membuat kari cumi rebung di rumah, berikut resep lengkapnya!

Baca Juga: Resep Udang Kari Merah ala Thailand, Menggoda Pol! 

Bahan-bahan yang diperlukan

ilustrasi cumi-cumi (freepik.com/topntp26)
  1. 300 gram cumi-cumi, bersihkan, potong serasi
  2. 400 gram rebung segar, rajang tipis serasi, kemudian rebus dengan 1 sdt garam dan 1/2 sdt kunyit bubuk
  3. 5 buah cabai hijau rajang serong
  4. 5 buah cabai merah rajang serong
  5. 10 buah bawang merah, iris tipis
  6. 5 siung bawang putih, iris tipis
  7. 1 cm jahe, memarkan
  8. 2 batang serai, memarkan
  9. 2 lembar daun salam
  10. 2 lembar daun jeruk
  11. 1 sdt garam
  12. 1 sdt gula pasir
  13. 1 sdt kaldu bubuk
  14. 500 ml santan dengan kekentalan yang sedang
  15. 250 ml santan kental
  16. 1 sachet bubuk kari
  17. minyak goreng secukupnya

Cara membuat kari cumi rebung

ilustrasi sedang memasak (freepik.com/freepik)
  1. Pertama-tama cuci bersih cumi-cumi dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan pasir yang menempel. Setelah itu, potong cumi-cumi sesuai selera, bisa dipotong melintang, memanjang, atau berbentuk dadu. Pastikan ukuran potongan cumi-cumi seragam agar matang secara merata.
  2. Rebung yang sudah dipotong sesuai selera, direbus dalam air mendidih dengan 1 sdt garam dan 1/2 sdt kunyit bubuk. Masak hingga rebung empuk dan berwarna kuning kehijauan, sekitar 15–20 menit. Angkat rebung dari rebusan dan tiriskan.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Setelah harum, masukkan jahe dan serai yang telah dimemarkan. Tumis hingga harum dan matang.
  4. Setelah menumis bumbu hingga harum, masukkan daun salam dan daun jeruk. Tumis hingga daun-daun tersebut layu dan mengeluarkan aroma. Selanjutnya, masukkan bubuk kari. Aduk rata hingga bubuk kari tercampur rata.
  5. Tuangkan santan sedang kental ke dalam wajan. Aduk rata dengan spatula hingga santan tercampur dengan bahan lainnya. Tambahkan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk. Aduk rata kembali hingga bumbu larut sempurna.
  6. Masukkan rebung yang telah dipotong-potong dan dicuci bersih. Aduk rata hingga rebung layu. Masukkan cumi yang telah dibersihkan dan dipotong-potong. Masak hingga cumi berubah warna dan matang. Tambahkan cabai merah dan cabai hijau yang telah diiris-iris. Masak hingga cabai layu dan semua bahan matang sempurna. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat.

Baca Juga: Resep Sayur Rebung Udang, Inspirasi Menu Masakan Harian

Verified Writer

Rian Ardian

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya