TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Tonjiru Umeboshi, Variasi Unik Sup Miso Jepang 

Enak dimakan saat udara dingin!

tonjiru umeboshi (YouTube.com/Cooking with Dog)

Siapa nih yang sedang mencari-cari resep makanan dari Negeri Sakura? Kamu boleh banget membuat hidangan sup yang dinamakan tonjiru ini. Sup ini menambahkan umeboshi sebagai komponen tambahan untuk membuat hidangan jauh lebih lezat.

Tonjiru umeboshi menawarkan variasi yang unik dari tradisional sup miso Jepang. Umeboshi, plum Jepang yang diawetkan, menambah keautentikan Jepang dengan sentuhan khasnya. Tonjiru umeboshi juga menghadirkan cita rasa unik dengan memadukan daging babi, sayuran, dan pasta miso yang gurih, disempurnakan dengan sentuhan asam dan asin khas dari umeboshi! Berikut ini resepnya.

Bahan Tonjiru Umeboshi

ilustrasi daging yang akan diolah (YouTube.com/Cooking with Dog)
  1. 100 gr daging babi
  2. 50 gr daikon atau lobak Jepang
  3. 50 gr renkon atau akar teratai
  4. 40 gr gobo (sejenis umbi)
  5. 30 gr wortel
  6. 30 gr konyaku (konjac)
  7. 1 sdt minyak
  8. 400 ml air
  9. 2 sdm pasta miso
  10. 1 sdt sake
  11. 1 sdt kecap asin
  12. 1/2 sdt gula
  13. Sejumput bubuk dashi

Baca Juga: Resep Sup Miso Ayam Jahe, Menu Makan Siang yang Menggiurkan

Cara Membuat Tonjiru Umeboshi

ilustrasi pembuatan tonjiru (YouTube.com/Cooking with Dog)
  1. Mulailah dengan memotong sayuran dan daging babi menjadi potongan kecil untuk memastikan pemasakan yang merata. Juga, rebus konyaku untuk menghilangkan aroma khasnya.
  2. Selanjutnya, panaskan sedikit minyak dan tumis sayuran bersama konnyaku. Saat sayuran dan konnyaku telah sedikit lunak, tambahkan air ke dalam wajan.
  3. Biarkan campuran mendidih dan setelah itu, tambahkan potongan daging babi ke dalam rebusan. Lanjutkan memasak hingga daging babi matang sepenuhnya. Pastikan bahwa gobo dan daikon juga telah menjadi lembut dan terasa enak di lidah.
  4. Selanjutnya untuk mencapai cita rasa yang lezat, tambahkan bumbu dengan menggunakan pasta miso, sake, kecap asin, gula, dan bubuk dashi. Proses ini akan memberikan kompleksitas rasa yang mendalam dan harmoni antara gurih, manis, dan sedikit asam.
  5. Sajikan tonjiru umeboshi dengan nasi atau onigiri.

Verified Writer

Porcelain

・ʚ skincare recommendations from porcelain ɞ・

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya