TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Sourdough Pizza, Rasa dan Teksturnya Lebih Lezat! 

Rasanya lebih renyah dengan hint asam yang lezat

ilustrasi sourdough pizza (pexels.com/Engin Akyurt)

Sourdough pizza merupakan varian menarik dari hidangan pizza. Adonannya menggunakan starter sourdough sehingga aroma dan cita rasanya lebih khas. Rasanya berbeda dari pizza biasa yang menggunakan ragi instan.

Proses fermentasi yang panjang membuat tekstur adonan menjadi lebih lembut dan chewy. Karakter asam dari sourdough memberikan dimensi rasa yang lebih dalam. Bagi kamu yang memiliki sourdough starter, yuk, berkreasi dengan pizza!

Bahan Membuat Sourdough Pizza

ilustrasi adonan sourdough pizza (youtube.com/Natashas Kitchen)
  1. 500 gr tepung serbaguna, atau tepung untuk roti
  2. 12 gr sea salt halus, atau 2 sdt
  3. 335 ml air, suhu ruang
  4. 100 gr starter sourdough aktif
  5. Tepung semolina, untuk melapisi pizza peel

Cara Membuat Sourdough Pizza

ilustrasi membentuk adonan pizza dengan buku jari (youtube.com/Natashas Kitchen)
  1. Beri makan startersourdough 4 hingga 6 jam sebelum memulai membuat adonan pizza. Pastikan starter aktif dan berbuih, dengan volume yang sudah lebih dari dua kali lipat.
  2. Campurkan tepung dan garam. Tambahkan air dan starter, aduk dengan spatula, lalu gunakan tangan untuk mencubit adonan hingga tercampur rata. Tutup dan diamkan selama 30 menit.
  3. Uleni adonan selama 2 menit di mangkuk atau di permukaan kerja yang bersih, lalu pindahkan ke mangkuk yang dilapisi minyak zaitun. Tutup dan proof selama 4-5 jam atau hingga adonan mengembang setidaknya 50% dari volume. Proof adonan pada suhu kamar tanpa mempercepat prosesnya.
  4. Pindahkan adonan ke permukaan yang ditaburi tepung agar tidak lengket. Gunakan scraper untuk membagi adonan menjadi 4 bagian yang sama besar.
  5. Lipat setiap potongan adonan menjadi dua 8 kali, dengan menarik lembut sisi-sisinya ke tengah seperti menutup buku. Putar adonan setiap kali dan ulangi hingga berbentuk bola.
  6. Bentuk seperti lingkaran sempurna dan pindahkan ke mangkuk yang diolesi minyak dengan bagian lipatan menghadap ke bawah. Tutup dan dinginkan semalaman 18 jam atau hingga 1 minggu.
  7. Keluarkan adonan 15-30 menit sebelum digunakan agar menjadi rileks setelah memanaskan oven atau oven pizza. Untuk memanggang di oven, letakkan batu pizza atau loyang terbalik di rak tengah oven dan panaskan hingga 288 derajat Celsius. Taburi pizza peel dengan sedikit tepung dan siapkan topping.
  8. Pindahkan adonan ke permukaan yang ditaburi tepung, balikkan untuk melapisi dengan tepung lagi. Ratakan adonan dengan lembut menggunakan ujung jari, pindahkan gelembung ke tepi. Jangan meletuskan gelembung.
  9. Angkat adonan di atas punggung tangan dan gulung buku jari di bawah bagian tengah adonan, bergerak keluar sambil memutar adonan di sepanjang buku jari, meninggalkan tepi yang sedikit lebih tebal. Lanjutkan mengerjakan adonan hingga terbentuk pizza berukuran 25-30 cm. Adonan akan menyusut sedikit saat diletakkan.
  10. Letakkan adonan di atas pizza peel yang ditaburi semolina. Goyangkan pizza peel sedikit untuk memastikan pizza tidak lengket.
  11. Oleskan lapisan tipis saus pizza dan topping. Goyangkan pizza lagi untuk memastikan pizza tidak lengket saat dipindahkan ke batu pizza panas.
  12. Geser pizza ke atas batu pizza yang sudah dipanaskan dan panggang pada suhu 288 derajat Celsius selama 8-10 menit atau hingga kulitnya berwarna cokelat keemasan dan beberapa gelembung besar di kulitnya sedikit hangus, untuk memastikan kulitnya renyah.

Baca Juga: Resep Sourdough Starter buat Pemula, Bikin Roti Makin Berkualitas

Verified Writer

Porcelain

・ʚ skincare recommendations from porcelain ɞ・

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya