TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Omelet Souffle Lenotre, Telur Lembut Prancis dengan Flambee

Telur lembut yang dihidangkan dengan api di atasnya

ilustrasi omelet souffle lenotre (youtube.com/French Cooking Academy)

Omelet souffle lenôtre adalah hidangan Prancis yang lezat. Hidangan telur ini dikenal karena teksturnya yang ringan dan lembut. Omelet ini memiliki keistimewaan dalam cara pembuatannya, di mana putih telur dikocok hingga kaku.

Hidangan ini sangat pas untuk disajikan sebagai sarapan istimewa atau menu spesial untuk memanjakan selera. Meskipun terkesan mewah, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah. Yuk, ubah telur di dapurmu menjadi hidangan khas Prancis!

Bahan Membuat Omelet Souffle Lonetre

ilustrasi telur (pexels.com/Klaus Nielsen)
  1. 2 kuning telur
  2. 3 ½ atau 100 gr putih telur
  3. 50 gr gula kastor atau gula halus
  4. 1 sdm gula, untuk meringue
  5. 10 ml Cointreau, Grand Marnier, atau Benedictine, tambah 15 ml untuk flambée
  6. 1 sdt jus lemon
  7. 1 sejumput garam
  8. 25 gr mentega

Baca Juga: Resep Omelet Terong Krispi, Unik dan Bikin Nagih!

Cara Membuat Omelet Souffle Lonetre

ilustrasi adonan omelet souffle lenotre (youtube.com/French Cooking Academy)
  1. Dalam mangkuk ukuran sedang, campurkan kuning telur, gula, dan 10 ml Cointreau, lalu kocok dengan kuat selama 2 menit hingga campurannya berwarna putih.
  2. Setelah itu, masukkan putih telur, garam, dan jus lemon ke dalam mangkuk mixer, lalu kocok dengan kecepatan sedang sampai volume putih telur menggandakan. Tambahkan gula, lalu tingkatkan kecepatan mixer dan kocok meringue sampai membentuk puncak yang kaku.
  3. Ketika sudah selesai, tambahkan 2 sdm meringue ke dalam campuran gula dan telur, dan aduk perlahan dengan pengocok. Setelah itu, gunakan spatula untuk dengan hati-hati melipat sisa meringue ke dalam campuran gula dan telur untuk adonan soufflé.
  4. Selanjutnya, lelehkan mentega di wajan dengan api besar, dan segera setelah mentega mulai berbusa, tuangkan semua adonan soufflé ke dalam wajan dan ratakan bagian atasnya. Tutup wajan dan segera kecilkan api, lalu biarkan masak selama 2-3 menit, tergantung pada seberapa cokelat kamu ingin pada bagian bawah omelet.
  5. Setelah 3 menit, angkat wajan dari api dan geser omelet ke piring yang sudah diolesi mentega, lalu lipat. Pindahkan piring ke oven dan biarkan masak selama 3-5 menit, tergantung pada seberapa padat kamu menyukai omelet soufflé.
  6. Satu menit sebelum omelet matang, panaskan sisa Cointreau dalam panci kecil, hindari mendidih, lalu sisihkan siap untuk flambé.
  7. Ketika siap, keluarkan omelet dari oven dan sajikan langsung di meja. Nyalakan Cointreau yang sudah dihangatkan dan tuangkan di atas omelet untuk flambé.
  8. Setelah api padam, nikmati segera.

Tips Membuat Omelet Souffle Lonetre

ilustrasi melipat omelet souffle lenotre di piring untuk dipanggang (youtube.com/French Cooking Academy)
  1. Pastikan untuk mengocok putih telur hingga membentuk puncak kaku. Hal ini penting agar omelet memiliki tekstur yang ringan dan fluffy.
  2. Masak omelet di atas api kecil setelah menuangkan adonan ke dalam wajan. Langkah ini membantu bagian bawah matang tanpa membuat bagian atas terlalu cepat matang.
  3. Jika tidak memiliki Cointreau, Grand Marnier, atau Benedictine, kamu bisa menggunakan ekstrak vanila, jus jeruk, atau sirup maple sebagai pengganti untuk menambah rasa.
  4. Pastikan untuk menggunakan mentega yang cukup untuk mengolesi wajan. Hal ini akan membantu omelet tidak lengket dan memberikan rasa yang kaya.
  5. Omelet soufflé terbaik disajikan segera setelah keluar dari oven. Jika dibiarkan terlalu lama, teksturnya bisa menjadi lebih padat dan kehilangan kelembutannya.

Dengan tekstur yang ringan dan lembut, serta rasa yang kaya, omelet ini menjadi pilihan sempurna untuk sarapan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menciptakan hidangan Prancis yang mengesankan ini di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Omelet Sayuran yang Cocok untuk Menu Sarapan Diet Sehat

Verified Writer

Porcelain

・ʚ skincare recommendations from porcelain ɞ・

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya