TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Cinnamon Rolls Praktis buat Acara Dadakan, Siap dalam 40 menit!

mau tahu caranya bikin cinnamon rolls super cepat?

ilustrasi cinnamon rolls (commons.m.wikimedia.org/Whodunit1978)

Cinnamon rolls adalah salah satu makanan jenis roti yang kerap dinikmati sebagai menu sarapan ataupun dessert. Rasanya yang manis dengan aroma kayu manis sangat bisa dinikmati oleh segala usia.

Seperti roti, proses membuat cinnamon rolls membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena harus menunggu ragi untuk mengembangkan adonan. Selain itu, adonan juga perlu diuleni beberapa kali sebelum diisi dengan isian dan dipanggang.

Kalau kamu ingin membuat cinnamon rolls yang praktis dan bisa selesai dalam waktu kurang dari satu jam, resep cinnamon rolls berikut bisa banget kamu coba. Simak cara membuatnya ya!

1. Bahan membuat cinnamon roll

ilustrasi bahan membuat cinnamon rolls (freepik.com)

Bahan cinnamon roll:

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 2 sdt baking powder
  3. 1 sdt garam
  4. 3 sdm unsalted butter, lelehkan, bagi jadi tiga
  5. 2 sdm gula
  6. 160 ml susu
  7. 3 sdm unsalted butter, lumatkan

Bahan isian:

  1. 55 gram brown sugar
  2. 50 gram gula
  3. 2 sdt bubuk kayu manis

Bahan frosting:

  1. 114 gram cream cheese, lumatkan
  2. 130 gram gula halus
  3. 56 gram unsalted butter, lumatkan
  4. 1/2 sdt ekstrak vanila

2. Cara membuat cinnamon roll

ilustrasi membuat adonan cinnamon rolls (freepik.com)

  1. Sebelum mulai membuat adonan, kita siapkan oven dan loyang panggangan terlebih dahulu. Panaskan oven pada suhu 200 derajat Celcius dan olesi loyang panggangan dengan 1 sdm butter yang sudah dilelehkan.
  2. Untuk membuat adonan, masukkan tepung terigu, gula, baking powder, dan garam ke dalam mangkuk lalu campur semuanya. Selanjutnya, masukkan butter lumat sambil dihancurkan dengan tangan. Pastikan butter menjadi kecil seukuran kacang.
  3. Masukkan susu ke dalam mangkuk, lalu aduk sampai terbentuk adonan lembut. Pindahkan adonan ke tempat datar yang sudah ditaburi tepung.
  4. Pipihkan adonan sehingga berbentuk persegi dengan ukuran kira-kira 20 x 20 cm. Kemudian, olesi permukaan adonan dengan sisa lelehan butter.
  5. Selanjutnya, kita buat isian untuk cinnamon roll. Campurkan semua bahan isian ke dalam mangkuk kecil lalu taburkan 1 sdm bahan isian ke dalam loyang panggangan. Sisanya, taburkan secara merata ke atas adonan.
  6. Jika adonan sudah diberi isian, gulung adonan kemudian potong menjadi 9 buah roll. Masukkan setiap potongan adonan ke dalam loyang panggangan. Panggang adonan di dalam oven selama 20 sampai 25 menit.
  7. Sambil menunggu proses baking, kita bisa membuat frosting. Masukkan cream cheese, butter, ekstrak vanila dan gula halus ke dalam mangkuk lalu kocok semuanya sampai halus. 
  8. Angkat cinnamon roll yang sudah matang lalu tuang frosting diatasnya. Cinnamon roll siap dinikmati. 

3. Tips membuat cinnamon roll

ilustrasi cinnamon rolls (pixabay.com/summerstock)
  1. Adonan cinnamon rolls memang bertekstur lembut dan sedikit licin. Kalau adonan yang kamu buat terasa terlalu licin, kamu bisa menambahkan sedikit tepung terigu.
  2. Kalau punya bench scraper, kamu bisa menggunakannya untuk memudahkanmu saat menggulung adonan.
  3. Pastikan kamu menggunakan pisau yang tajam saat memotong adonan supaya mencegah kerusakan pada adonan. 
  4. Panas dari cinnamon rolls yang baru saja keluar dari oven membantu frosting supaya tersebar merata. Jadi, kamu tidak perlu menunggu cinnamon rolls agak dingin untuk menuangkan frosting-nya.
  5. Cinnamon rolls bisa tahan dalam kulkas selama seminggu jika disimpan dalam wadah kedap udara. Kalau mau disimpan di freezer, bungkus masing-masing roll dengan plastic wrap lalu lapisi dengan alumunium foil. Jika disimpan seperti ini, cinnamon rolls bisa tahan di freezer sampai tiga bulan.

Karena dibuat tanpa ragi, kamu tidak perlu menunggu waktu lama sampai adonannya mengembang. Resep cinnamon roll 40 menit ini bisa kamu gunakan, terutama saat menjamu tamu di rumah. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: Resep Kanelbullar, Cinnamon Roll khas Swedia yang Lembut dan Manis

Verified Writer

Nisa Istiqomah

menulis sebagian dari hobi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya