TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Resep Gorengan Isi Mozzarella khas Italia, Kejunya Lumer!

Siapa yang nggak tergoda dengan lumernya keju mozzarella?

ilustrasi mozzarella fritta (vecteezy.com/pairhandmade)

Selain arancini dan fritto misto, Italia juga punya aneka makanan khas berjenis deep-fried dish alias gorengan. Hampir semua jenis makanan gorengan khas Italia ini menggunakan salah satu jenis keju yaitu mozzarella yang terkenal dengan tekstur lumernya.

Artikel ini akan membahas lima resep makanan gorengan khas Italia yang menggunakan mozzarella sebagai bahan isian. Rasanya yang enak berpadu dengan lumernya mozzarella, tentu bikin nggak sabar buat coba bikin. Yuk, simak resep-resepnya!

1. Mozzarella fritta

ilustrasi mozzarella fritta (freepik.com/KamranAydinov)

Bahan-bahan :

  1. 400 gram mozzarella, potong menjadi 10 bagian
  2. 30 gram tepung terigu
  3. 100 gram tepung roti
  4. 2 butir telur
  5. 1 sdt basil kering
  6. 1 sdt oregano
  7. 1 sdt lada hitam bubuk
  8. Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Siapkan tiga wadah mangkuk berbeda. Wadah pertama berisi tepung terigu dan wadah kedua berisi kocokan telur. Sementara itu, wadah ketiga diisi dengan campuran tepung roti, basil, oregano dan lada hitam bubuk.
  2. Masukkan potongan mozzarella ke dalam tepung, lalu tepuk-tepuk untuk membuang kelebihan tepung. Selanjutnya, celupkan ke dalam kocokan telur.
  3. Setelah dari kocokan telur, gulingkan mozzarella ke campuran tepung roti. Jangan lupa ditekan-tekan supaya semua permukaannya tertutup tepung roti. Ulangi prosesnya, kemudian masukkan di kulkas beberapa jam sebelum digoreng.
  4. Goreng mozzarella dalam minyak panas sampai kedua sisinya matang sempurna. Sajikan mozzarella dengan saus tomat.

2. Crocche

ilustrasi crocche (vecteezy.com/zaffiro1111)

Bahan-bahan :

  1. 1 kg kentang
  2. 2 butir telur
  3. 100 gram parutan keju parmesan
  4. 1 sdt pala bubuk
  5. Garam dan lada secukupnya
  6. Mozzarella, potong kecil memanjang
  7. 2 butir telur, kocok dengan 1 sdm air
  8. Tepung roti
  9. Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

  1. Pertama, kita buat kentang tumbuk terlebih dahulu. Kukus kentang selama 30 menit, angkat lalu tumbuk sampai halus.
  2. Masukkan telur, keju parmesan, pala bubuk, garam dan lada ke dalam kentang tumbuk. Aduk semua bahan sampai terbentuk adonan bulat dan padat. Jika dirasa adonan terlalu lembek, bisa tambahkan sedikit tepung terigu.
  3. Selanjutnya, kita bisa mulai membentuk adonan crocche. Ambil sedikit adonan, pipihkan, lalu isi dengan potongan mozzarella. Tutup kembali adonan yang sudah diberi isian, lalu ulangi proses di atas sampai terbentuk semua adonan crocche.
  4. Masukkan adonan crocche ke kocokan telur, lalu gulingkan dalam tepung roti. Supaya tepung roti menempel sempurna, masukkan adonan crocche yang sudah siap ke dalam kulkas selama satu jam sebelum digoreng.
  5. Goreng adonan crocche dalam minyak panas selama 5 menit sampai matang sempurna. Crocche siap dinikmati.

Baca Juga: 5 Ide Gorengan Sehat, Dijamin Bikin Ketagihan!

3. Mozzarella in Carrozza

ilustrasi mozzarella in carrozza (vecteezy.com/nerizaamanda)

Bahan-bahan : 

  1. 140 gram mozzarella, iris tipis
  2. 4 potong roti tawar tanpa kulit
  3. 3 butir telur
  4. 3 sdm parutan keju parmesan
  5. 4 sdt mayones
  6. 84 gram tepung roti
  7. 1/4 sdt garam
  8. 1/2 sdt lada hitam bubuk
  9. Minyak goreng

Cara membuat :

  1. Oleskan 1 sdt mayones untuk masing-masing roti tawar. Taruh irisan mozzarella di atas dua roti tawar. Tutup masing-masing roti tawar dengan dua roti tawar lainnya sehingga terbentuk dua sandwich.
  2. Siapkan dua wadah kosong. Wadah pertama berisi kocokan telur dengan keju parmesan, dan wadah kedua diisi tepung roti, garam dan lada hitam bubuk
  3. Celupkan satu sandwich dalam wadah telur. Jangan lupa dibolak-balik agar semua permukaan terlapisi telur. Selanjutnya, gulingkan sandwich di atas tepung roti. Supaya tepung roti menempel sempurna, taruh sandwich di kulkas minimal 20 menit sebelum digoreng.
  4. Goreng sandwich dalam nyala api sedang. Pastikan kedua sisi matang sempurna, lalu angkat dan tiriskan di atas wadah yang sudah dilapisi paper towel. Mozzarella in carrozza siap dinikmati.

4. Suppli

ilustrasi suppli (vecteezy.com/anarkaliart)

Bahan-bahan :

  1. 150 gram risotto
  2. 200 gram puree tomat
  3. 1 siung bawang putih
  4. 1 sdm olive oil
  5. 800 ml kaldu sayuran
  6. 1/4 sdt garam
  7. 1 sdt lada bubuk
  8. 2 sdm parutan keju parmesan
  9. Mozzarella secukupnya, potong kecil
  10. 1 butir telur, kocok
  11. 54 gram tepung roti
  12. Minyak goreng

Cara membuat :

  1. Tuang olive oil di penggorengan, lalu tumis bawang putih dan puree tomat. Setelah 10 menit, buang bawang putih, lalu masukkan risotto dan aduk selama 1 menit.
  2. Masukkan kaldu ke dalam risotto sambil diaduk-aduk. Teruskan mengaduk sampai risotto matang yang ditandai dengan tekstur creamy.
  3. Jika risotto sudah tampak matang, bumbui dengan lada bubuk dan parutan keju parmesan. Aduk sebentar lalu matikan api. Pindahkan risotto ke wadah mangkuk dan biarkan dingin.
  4. Kalau risotto sudah dingin, kita bisa mulai ke tahap selanjutnya. Ambil 2 sdm risotto dan taruh di atas telapak tangan. Isi dengan potongan mozzarella, lalu bentuk sedemikian rupa agar mozzarella tertutup sempurna oleh risotto. Kamu bisa menambahkan lagi risotto jika dirasa adonan kurang menutup. Ulangi proses ini sampai semua adonan suppli selesai dibuat.
  5. Gulingkan suppli ke dalam kocokan telur, lalu masukkan ke tepung roti. Pastikan seluruh permukaan suppli tertutupi oleh tepung roti.
  6. Goreng suppli dalam api sedang sampai cokelat keemasan. Pastikan minyak jangan sampai terlalu panas agar mozzarella tidak matang terlalu cepat. Angkat dan tiriskan di atas wadah yang sudah dialasi paper towel. Suppli siap dinikmati selagi hangat.

5. Panzerotti

ilustrasi panzerotti (vecteezy.com/jeannie.vdm113984)

Bahan adonan :

  1. 350 gram tepung terigu
  2. 1 sdm gula
  3. 7 gram ragi instan
  4. 2 sdt garam
  5. 2 sdm olive oil
  6. 180 ml air hangat

Bahan isian : 

  1. 226 gram mozzarella, potong dadu kecil
  2. 3/4 sdt oregano
  3. 1/2 sdt garam
  4. 113 gram pasta tomat

Cara membuat :

  1. Masukkan air hangat, gula dan ragi instan ke dalam wadah, lalu aduk sampai rata. Biarkan selama 5 menit sampai adonan tampak berbusa.
  2. Selanjutnya, tambahkan dengan olive oil, lalu aduk kembali. Masukkan tepung terigu dan garam, dan lanjutkan proses mengaduk sampai seluruh tepung sudah tercampur dengan adonan.
  3. Pindahkan adonan yang belum halus ke atas permukaan rata, lalu uleni sampai kalis. Lapisi wadah dengan olive oil, lalu taruh kembali adonan yang sudah kalis. Tutup dengan plastic wrap dan tunggu selama minimal 1 jam sampai adonan mengembang.
  4. Sambil menunggu adonan mengembang, kita bisa mulai membuat isiannya. Masukkan semua bahan isian ke dalam mangkok dan aduk sampai tercampur rata.
  5. Bagi isian ke dalam 8 porsi dan taruh di atas piring. Jangan lupa masukkan ke dalam kulkas sebelum siap digunakan.
  6. Jika adonan sudah mengembang, kempiskan adonan lalu bagi menjadi 8 porsi adonan bulat.
  7. Pipihkan satu porsi adonan bulat dengan rolling pin, lalu taruh isian di bagian tengahnya. Lipat adonan dan pastikan adonan tidak berongga. Ulangi proses di atas untuk semua porsi adonan.
  8. Goreng panzerotti dengan nyala api sedang. Pastikan satu sisi matang sebelum membalik sisi sebaliknya. Jika sudah berwarna cokelat keemasan, angkat dan tiriskan panzerotti. Diamkan sebentar sebelum panzerotti siap dinikmati.

Saat membuat gorengan dengan isi mozzarella, pastikan tekstur kejunya padat dan kering agar adonannya tidak lembek. Jika dirasa teksturnya kurang padat, kamu bisa menyimpannya di kulkas selama semalam sebelum digunakan. Yuk cobain resepnya!

Baca Juga: 5 Macam Gorengan Manis Paling Favorit di Indonesia, Apa Saja?

Verified Writer

Nisa Istiqomah

menulis sebagian dari hobi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya