TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Gyeran-jjim, Telur Kukus ala Korea yang Gurih dan Lembut

Disantap dengan kimchi makin lezat

ilustrasi gyeran-jjim (freepik.com/jcomp)

Gyeran-jjim adalah hidangan telur kukus ala Korea yang lembut dan menggugah selera. Cita rasanya yang ringan tapi menggoda membuatnya cocok menjadi pasangan yang lezat untuk nasi hangat, baik disantap makan siang atau makan malam. 

Biasanya gyeran jjim disajikan sebagai banchan atau lauk pendamping dan diletakkan dalam panci khas Korea yang disebut ttukbaegi. Jika kamu ingin mencoba membuat gyeran-jjim di rumah, berikut resep gyeran jjim dan cara pembuatannya.

Bahan Gyeran-jjim

ilustrasi telur (pexels.com/Felipe Querioz)
  1. 4 butir telur
  2. 1 cangkir kaldu ayam
  3. 1 sdm kecap asin
  4. 1 sdt garam
  5. 1 sdt minyak wijen
  6. 1 batang daun bawang, cincang halus
  7. 1/2 sdt bubuk lada putih (opsional)
  8. 1/2 sdt biji wijen (opsional)

Baca Juga: Resep Kimchi Pajeon, Gorengan Korea yang Renyah dan Nikmat

Cara Membuat Gyeran-jjim

ilustrasi memecahkan telur (pexels.com/Los Muertos Crew)
  1. Pecahkan telur ke dalam sebuah mangkuk besar. Kocok telur dengan menggunakan whisk atau garpu hingga tercampur rata dan berbusa.
  2. Tambahkan kaldu ayam ke dalam mangkuk. Bumbui dengan kecap asin, garam, dan minyak wijen. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Tuang campuran telur ke dalam mangkuk tahan panas yang telah diolesi sedikit minyak agar tidak lengket. Tutup mangkuk dengan aluminium foil atau penutup kukusan.
  4. Panaskan kukusan dengan air mendidih dan letakkan mangkuk telur di dalamnya. Kukus telur selama sekitar 15-20 menit atau hingga telur set dan mengeras.
  5. Setelah telur matang, angkat dari kukusan dan biarkan dingin selama beberapa menit. Taburi dengan daun bawang cincang, bubuk lada putih, dan biji wijen jika diinginkan.
  6. Sajikan gyeran-jjim dengan nasi hangat dan lauk lainnya.

Tips Membuat Gyeran-jjim

ilustrasi gyeran-jjim (freepik.com/jcomp)
  1. Kamu bisa memeriksa kematangan dengan menusukkan tusuk gigi atau garpu ke tengah telur. Jika tusuk gigi keluar bersih, telur sudah matang.
  2. Untuk hasil yang lebih lembut dan creamy, pastikan untuk mengocok telur dengan baik dan saring campuran telur sebelum dimasak.
  3. Hindari membuka tutup kukusan terlalu sering selama proses memasak agar suhunya tetap stabil. Pastikan menggunakan api kecil agar tingkat kematangan telur sempurna.

Gyeran-jjim memiliki tekstur lembut dan cita rasa yang gurih memikat. Ini akan menjadi pelengkap yang sempurna untuk nasi hangat, terlebih jika dipadukan dengan lauk lain yang lezat. Dengan mengikuti resep ini, kamu bisa menikmati telur kukus ala Korea yang lembut dan menggugah selera. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Korea yang Enak dan Simpel

Verified Writer

Nadhifa Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya