TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Donat Magwinya yang Bulat dan Empuk, Cara Bikinnya Gampang

Dinikmati bareng gula halus atau cocolan lebih enak

Donat Magwinya (tasteofsouthernafrica.com)

Siapa, sih, yang bisa nolak kelezatan donat bulat yang empuk dan bikin ngiler? Donat memang jadi salah satu camilan favorit banyak orang karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis. Gak cuma enak dinikmati kapan saja, donat juga pas banget untuk segala acara, dari santai di rumah sampai kumpul keluarga.

Donat magwinya ini asalnya dari Afrika Selatan, salah satu varian donat tradisional yang terkenal di sana. Teksturnya yang empuk dengan rasa manis bikin donat ini jadi camilan yang sempurna buat dinikmati kapan aja.

Buat kamu yang pengen coba bikin di rumah, resep donat magwinya ini gampang banget dan gak perlu bahan-bahan yang susah dicari. Yuk, langsung aja coba bikin!

Bahan Donat Magwinya

ilustrasi tepung (pixabay.com/Karolina Grabowska)

  1.    500 gram tepung terigu serbaguna
  2.    4 sdm gula pasir
  3.    2 sdt ragi instan
  4.    1/2 sdt garam
  5.    1 sdm minyak sayur
  6.    Air hangat secukupnya
  7.    Gula halus secukupnya
  8.    Minyak goreng secukupnya

Baca Juga: Resep Donat Labu yang Empuk dan Mengembang Sempurna

Cara Membuat Donat Magwinya

ilustrasi mencampur adonan (unsplash.com/Tania Melnyczuk)

  1. Pertama, campurkan tepung yang sudah diayak halus, gula pasir, ragi, serta garam menjadi satu pada sebuah mangkuk. Tuangkan air hangat dan minyak sayur sedikit demi sedikit. Gunakan tangan untuk mengaduk adonan secara merata.
  2. Setelah adonan tercampur rata, tutup adonan dengtan handuk teh atau plastik khusus wrap adonan. Diamkan adonan sampai mengembang dua kali lipat dengan durasi waktu selama satu jam.
  3. Jika adonan sudah mengembang dengan baik, uleni adonan dengan tangan untuk mendapatkan adonan yang lembut. Diamkan kembali adonan selama 10 menit seperti langkah sebelumnya.
  4. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Siapkan 2 buah sendok berukuran sedang atau besar. Ambil adonan secukupnya dengan satu sendok, lalu gunakan sendok lainnya untuk membentuk bulat adonan tersebut.
  5. Goreng adonan bulat ke minyak panas sampai warnanya berubah cokelat keemasan. Jangan lupa balik secara berkala agar warnanya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  6. Sajikan donat magwinya di atas piring dengan taburan gula halus, atau bisa juga dengan selai atau cocolan. Donat magwinya yang bulat dan empuk siap dinikmati!

Verified Writer

Heyleen

Mahasiswa ekonomi yang tertarik dengan tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya