TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bolu Pisang Karamel Super Lembut, Bisa Dicoba oleh Pemula

Perpaduan pisang dan karamelnya lumer di mulut!

ilustrasi bolu pisang karamel (pexels.com/Márcio Carvalho)

Siapa sih yang bisa menolak camilan kekinian seperti bolu panggang pisang karamel? Apalagi kalau kamu pencinta pisang dan karamel, bolu ini bakal bikin hari-harimu jadi lebih manis!

Dengan tekstur lembut, rasa pisang yang juicy, dan karamel yang bikin nagih, bolu ini cocok banget jadi teman nongkrong sambil ngobrol atau sebagai sajian spesial saat kumpul keluarga. Biar kamu gak penasaran, yuk langsung aja kita intip resep bolu pisang karamel dan cara membuatnya berikut ini!

Bahan Bolu Pisang Karamel

ilustrasi bahan-bahan baking (unsplash.com/Debby Hudson)

Bahan bolu:

  1.    250 gram tepung terigu
  2.    200 gram pisang kepok matang
  3.    150 gram gula pasir
  4.    115 ml susu cair
  5.    1 bungkus susu bubuk
  6.    2 butir telur
  7.    115 ml margarin cair
  8.    1 sdt soda kue
  9.    1/2 sdt vanili bubuk
  10.    2 sdt baking powder

Bahan karamel:

  1.    100 gram gula pasir
  2.    50 ml air
  3.    2 sdm mentega/margarin
  4.    50 ml heavy cream

Baca Juga: Resep Bolu Pisang Gluten Free yang Rendah Gula

Cara Membuat Bolu Pisang Karamel

ilustrasi mencampur adonan (unsplash.com/Tania Melnyczuk)

Membuat adonan bolu:

  1. Pertama-tama, panaskan ovenmu pada suhu 180°C. Siapkan loyang bolu, olesi dengan margarin dan taburi sedikit tepung agar bolu tidak lengket. Sementara itu, siapkan juga semua bahan-bahan yang diperlukan agar proses memasak jadi lebih lancar.
  2. Dalam sebuah wadah besar, ayak tepung terigu, baking powder, soda kue, vanili bubuk, dan susu bubuk hingga tercampur rata. Ayak bahan-bahan ini untuk memastikan tidak ada gumpalan dan bolu menjadi lebih ringan.
  3. Haluskan pisang matang dengan garpu atau blender hingga benar-benar lembut. Dalam wadah terpisah, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna pucat.
  4. Setelah itu, campurkan pisang halus ke dalam adonan telur, aduk rata hingga tercampur sempurna. Tambahkan campuran bahan kering ke dalam adonan pisang secara bertahap. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Tuangkan susu cair dan margarin cair ke dalam adonan, aduk hingga adonan menjadi halus dan tidak ada gumpalan.

Membuat karamel:

  1. Dalam panci kecil, masak gula pasir dan air dengan api sedang hingga gula larut dan berwarna keemasan. Hati-hati jangan sampai gosong!
  2. Setelah itu, matikan api dan tambahkan mentega serta krim kental. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan karamel menjadi halus.

Memanggang bolu:

  1. Tuang setengah adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Sendokkan sebagian karamel di atas adonan, lalu tuangkan sisa adonan di atasnya. Dengan menggunakan pisau atau tusuk gigi, swirl karamel ke dalam adonan untuk membuat pola marmer.
  2. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama 30-40 menit atau hingga bolu matang dan berwarna keemasan. Tes kematangan dengan menusukkan tusuk gigi ke tengah bolu, jika keluar bersih, bolu sudah siap diangkat.
  3. Setelah matang, keluarkan bolu dari oven dan biarkan dingin dalam loyang selama 10 menit. Pindahkan ke rak pendingin dan biarkan dingin sepenuhnya sebelum dipotong-potong.

Verified Writer

Heyleen

Mahasiswa ekonomi yang tertarik dengan tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya