TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Roti Cokelat Oven yang Lembut, Isiannya Lumer di Mulut!

Camilan yang gak bakal nyangkut di tenggorokan

ilustrasi roti cokelat oven (unsplash.com/_phopoo)

Intinya Sih...

  • Baking adalah teknik memasak dengan cara memanggang menggunakan oven, seperti roti cokelat yang lembut di dalam.
  • Bahan-bahan untuk membuat roti cokelat oven antara lain tepung terigu, butter, susu, telur, gula pasir, ragi instan, garam, dan cokelat batang.
  • Tips untuk membuat roti cokelat oven termasuk penggunaan ragi instan yang aktif, pembagian adonan secara merata, dan memastikan oven sudah dipanaskan sebelum memasukkan adonan.

Baking menjadi salah satu teknik memasak dengan cara memanggang dengan menggunakan oven, baik oven kompor atau listrik. Salah satu makanan yang dibuat dengan cara dipanggang adalah roti. Tak heran kalau tekstur roti bisa renyah di luar, tapi lembut di dalam.

Dari sekian banyak varian, roti cokelat jadi yang paling sering dibuat. Selain memang enak, cokelat disukai kebanyakan orang. Roti oven cokelat pun dapat dengan mudah memikat hati pencinta cokelat.

Resep roti cokelat oven ini hasilnya bakal lembut dengan isian yang meleleh. Gak perlu takut, karena rasanya seenak buatan toko roti favortimu!

Bahan Roti Cokelat Oven

ilustrasi cokelat batang (pixabay.com/StockSnap)
  1. 250 gram tepung terigu
  2. 30 gram butter
  3. 130 ml susu
  4. 1 butir telur
  5. 5 sdm gula pasir
  6. 1 sdm ragi instan
  7. 1/2 sdt garam
  8. cokelat batang atau selai cokelat secukupnya

Cara Membuat

ilustrasi membuat roti (pexels.com/Ron Lach)
  1. Masukkan tepung terigu, gula pasir, telur, dan ragi instan ke dalam wadah. Aduk dengan menggunakan whisk sampai merata.
  2. Tuang susu cair ke dalam adonan tepung, lalu kocok dengan mikser sampai setengah kalis. Tambahkan butter, lalu aduk lagi dengan mikser berkecepatan tinggi.
  3. Uleni adonan roti hingga benar-benat kalis elastis. Masukkan ke dalam satu wadah, lalu tutup dengan kain bersih. Biarkan adonan mengembang selama 1 jam.
  4. Bagi adonan menjadi 20 atau secukupnya. Pipihkan, lalu beri cokelat batang atau selai ke masing-masing adonan. Tutup kembali adonan selama 15 menit.
  5. Sembari menunggu adonan, panaskan oven dengan suhu 170 derajat Celsius. Beri mangkuk berisi air di bagian bawah oven.
  6. Olesi permukaan adonan roti dengan campuran kuning telur dan susu cair. Panggang roti selama kurang lebih 20 menit hingga mengembang.
  7. Kalau sudah matang, keluarkan roti cokelat dari oven, lalu biarkan dingin sebentar.
  8. Roti cokelat oven pun akhirnya siap disajikan.

Baca Juga: Resep Roti Tawar Kukus Seenak Cafe Mahal

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya