TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Putri Salju Kacang Mede untuk Stok Lebaran

Tambahan kacang mede bikin kue ini makin nikmat

ilustrasi putri salju kacang mede (instagram.com/mikegunner)

Lebaran tinggal menghitung hari, nih. Kamu sudah mempersiapkan apa saja untuk hari spesial ini? Kalau sudah beli baju baru, kini saatnya kamu mulai stok kue kering di rumah sebagai hidangan Lebaran nanti.

Salah satu jenis kue kering yang wajib ada saat Lebaran adalah putri salju. Kue kering manis ini biasanya dibentuk bulan sabit dengan taburan gula halus. Kalau mau berkreasi, kamu bisa menambahkan kacang mede di dalam adonannya.

Cita rasanya jadi lebih nikmat, kamu bisa mempraktikkan resep putri salju kacang mede berikut sebagai stok camilan saat Lebaran. Siap-siap jadi rebutan keluarga besar, ya!

Bahan Putri Salju Kacang Mede

ilustrasi butter (unsplash.com/Sorin Gheorghita)

Bahan utama:

  1. 300 gram tepung terigu protein rendah
  2. 150 gram butter
  3. 100 gram margarin
  4. 100 gram kacang mede panggang, haluskan
  5. 50 gram gula halus
  6. 30 gram tepung maizena
  7. 20 gram susu bubuk
  8. 1 butir kuning telur
  9. 1 sdt ekstrak pandan
  10. 1 sdt vanili bubuk

Bahan taburan:

  1. 100 gram gula halus
  2. 50 gram susu bubuk

Cara Membuat

ilustrasi mengaduk adonan (unsplash.com/Backen.de)
  1. Campur tepung terigu dengan tepung maizena, lalu ayak sampai halus. Kemudian, sangrai ayakan tepung hingga terasa ringan. Sisihkan sebentar.
  2. Kocok butter bersama gula halus dan kuning telur dengan mikser sampai merata. Tambahkan ekstrak pandan, lalu aduk kembali hingga rata.
  3. Masukkan kacang mede yang sudah dihaluskan ke dalam adonan butter.  Masukkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk. Aduk sampai kalis.
  4. Bentuk adonan yang sudah jadi sesuai selera. Kamu bisa membentuknya menjadi bulan sabit, lalu letakkan di atas loyang yang sudah diolesi mentega atau dialasi baking paper.
  5. Panggang adonan kue selama 30 menit dengan suhu 150 derajat Celsius. Jika sudah matang, keluarkan dari oven dan loyang, biarkan sampai dingin.
  6. Taburi kue dengan gula halus dengan cara diayak, lalu masukkan ke dalam stoples. Susun dengan rapi.
  7. Putri salju kacang mede siap kamu hidangkan saat Lebaran nanti.

Baca Juga: Resep Kue Putri Salju Susu yang Milky Banget

Tips Membuat Putri Salju Kacang Mede

ilustrasi membuat kue putri salju (pexels.com/Helena Jankovičová Kováčová)
  1. Karena kacang mede jadi salah satu bahan utama pembuatan putri salju, pastikan kualitasnya bagus demi hasil dan rasa kue yang maksimal.
  2. Panaskan oven sebelum memanggang adonan kue. Dengan demikian, kamu bisa hemat waktu dan tingkat kematangan putri salju bisa lebih merata.
  3. Jangan meletakkan adonan kue putri salju yang sudah dicetak terlalu berdekatan di dalam loyang. Beri jarak agar tidak terlalu menempel satu sama lain saat matang.
  4. Hindari menaburkan gula halus ketika kue masih panas atau hangat. Hal ini akan membuat gula malah meleleh, kue pun jadi basah dan gak crunchy, lho.
  5. Selain berbentuk bulan sabit, kamu bisa mengkreasikan bentuk putri saljunya. Kamu bisa membentuk bulat, lonjong memanjang, atau lainnya.

Putri salju kacang mede ini sangat cocok dijadikan stok kue kering untuk Lebaran. Cita rasa manis dan gurihnya bakal melekat banget di lidah. Kamu si pencinta makanan manis wajib banget menyediakan putri salju kacang mede di rumah!

Baca Juga: 5 Tips Bikin Gula Putri Salju Menempel dan Lumer di Mulut 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya