TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Donat Ubi Ungu Vla Susu yang Creamy, Cara Bikinnya Praktis

Teksturnya empuk dengan sensasi creamy yang nagih

ilustrasi donat ubi ungu vla susu (instagram,com/dapur_mak_gembrot)

Membuat donat rumahan tak hanya terbatas dari bahan kentang saja. Nyatanya, kini banyak bahan dapur lain yang dapat diolah menjadi campuran adonan donat. Salah satu bahan yang ternyata nikmat diolah jadi donat adalah ubi ungu.

Ubi ungu yang dihaluskan dan dijadikan adonan donat menghasilkan tekstur empuk serta padat. Ketika sudah matang, biasanya donat bakal disajikan dengan taburan gula halus atau langsung dinikmati begitu saja.

Namun, tahukah kamu kalau donat ubi ungu juga nikmat disajikan dengan vla susu? Yap, resep donat ubi ungu vla susu yang creamy ini rahasianya. Yuk, segera praktikkan di rumah dan jadikan camilan kumpul bareng keluarga!

Bahan Donat Ubi Ungu Vla Susu

Ilustrasi ubi ungu (instagram.com/jajanan_weedewe)

Bahan biang adonan donat:

  1. 150 ml susu cair hangat
  2. 4 sdm gula pasir
  3. 2 sdm ragi instan

Bahan adonan donat:

  1. 500 gram tepung terigu protein tinggi
  2. 300 gram ubi ungu, kukus dan haluskan
  3. 100 gram margarin
  4. 4 butir kuning telur
  5. 5 sdm gula pasir
  6. 1 sdt vanili bubuk
  7. 1 sdt garam secukupnya

Bahan vla susu:

  1. 300 ml air
  2. 6 sdm susu kental manis vanila
  3. 4 sdm tepung maizena
  4. 2 sdm margarin
  5. 1 sdt pasta vanila

Baca Juga: Resep Donat Gula Putih Favoritnya Si Sherina, Dijamin Bikin Kalap!

Cara Membuat

ilustrasi adonan donat ubi ungu (instagram.com/dylaine_chen)
  1. Siapkan wadah, lalu masukkan semua bahan biang adonan donat ke dalamnya. Aduk merata menggunakan whisk dan biarkan sampai berbuih.
  2. Masukkan ubi kukus yang sudah dihaluskan ke dalam wadah berbeda. Tambahkan tepung terigu, kuning telur, gula pasir, dan vanili bubuk. Aduk sampai tak ada bahan yang menggumpal.
  3. Masukkan adonan biang sedikit demi sedikit ke dalam adonan donat. Uleni sampai adonan menjadi setengah kalis. Kemudian, diamkan adonan.
  4. Tambahkan garam dan margarin ke dalam adonan donat. Uleni kembali, kali ini sampai kalis elastis, ya. Jika sudah, bulatkan adonan.
  5. Tutup wadah berisi adonan donat dan diamkan selama sejam. Biarkan adonan mengembang dua kali lipat dari ukuran sebelumnya.
  6. Sembari menunggu adonan donat mengembang, buatlah vla susunya. Campur semua bahan, kecuali margarin, lalu aduk merata.
  7. Letakkan panci berisi adonan vla di atas kompor, lalu nyalakan api sedang cenderung kecil. Aduk terus sampai tidak ada yang bergerindil. Ketika sudah mengental, matikan kompor.
  8. Tambahkan margarin ke dalam adonan vla. Aduk kembali sampai merata. Kemudian, masukkan vla ke dalam pipping bag.
  9. Bagi adonan donat menjadi beberapa bagian, lalu bentuk seperti donat. Goreng donat dengan api kecil hingga matang kecokelatan. Lakukan sampai donat habis. Tiriskan terlebih dahulu.
  10. Belah donat ubi ungu yang sudah dingin menjadi dua, lalu berikan vla susu di tengahnya. Kemudian, tumpuk kembali dengan bagian donat sebelahnya.
  11. Sajikan donat ubi ungu vla susu dengan taburan gula halus secukupnya.

Baca Juga: Resep Donat Dancow ala Donat Bahagia, Teksturnya Empuk dan Lembut

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya