TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Cake Pisang Panggang Spesial, Cuma 2 Telur tanpa Mixer!

Kamu yang pemula, wajib banget coba bikin resep ini

cake pisang panggang spesial (freepik.com/Freepik)

Biasanya buah seperti pisang dinikmati dengan cara dimakan langsung atau dicampur dengan beberapa jenis buah lain lalu dibuat smoothies. Di Indonesia, pisang juga sering dibuat jadi pisang goreng. Tapi selain dibuat pisang goreng atau smoothies, buah satu ini juga enak lho dijadikan cake.

Banana cake atau cake pisang memang populer di Indonesia. Selain dikukus, ada juga versi panggangnya. Buat kamu yang lagi belajar bikin kue, kamu bisa nih nyobain resep cake pisang panggang spesial di bawah ini. Gampang kok resepnya!

1. Bahan Cake Pisang Panggang Spesial

ilustrasi bahan-bahan cake pisang panggang spesial (freepik.com/Freepik)

  1. 450 gram atau sekitar 8 buah pisang yang sudah sangat matang
  2. 230 gram tepung terigu
  3. 120 gram margarin, lelehkan
  4. 2 butir telur
  5. 80 gram gula pasir
  6. 50 gram gula palem atau palm sugar
  7. 1 sachet susu bubuk vanila
  8. 1/2 sendok teh vanili bubuk
  9. 1 sendok teh baking powder
  10. 1/4 sendok teh soda kue
  11. 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
  12. 1/4 sendok teh garam

Topping:

  1. Chocochips sesuai selera
  2. Almond slice sesuai selera

Peralatan:

  1. Loyang ukuran 27 cm x 10 cm x 7 cm

Baca Juga: Resep Cake Pisang Raja yang Simple, Manisnya Pas Gak Bikin Seret

2. Cara Membuat Cake Pisang Panggang Spesial

ilustrasi cake pisang panggang yang sudah matang (YouTube.com/dapurumi)

  1. Panaskan oven dengan suhu 160 derajat Celcius, api atas bawah selama 15 menit. Sambil menunggu ovennya panas, kita bisa menyiapkan loyang dan membuat adonan cake pisang-nya. Pertama olesi loyang dengan margarin tipis-tipis, lalu lapisi dengan baking paper anti lengket, sisihkan.
  2. Siapkan wadah berukuran besar, masukkan pisang yang sudah benar-benar matang dan dikupas kulitnya. Haluskan dengan menggunakan sendok sampai lumat. Masukkan bahan-bahan basah seperti telur, margarin yang sudah dilelehkan dan bersuhu ruang, dan vanili bubuk.
  3. Aduk rata adonan dengan menggunakan balloon whisk atau spatula. Jika bahan basahnya sudah tercampur, baru tambahkan bahan-bahan keringnya. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak, gula pasir, palm sugar, baking powder, soda kue, susu bubuk, kayu manis bubuk, dan garam.
  4. Aduk rata lagi seluruh adonan sampai tercampur dan gak menggumpal. Tuang adonan yang sudah jadi ke dalam loyang dan ratakan permukaannya dengan menggunakan spatula. Taburi permukaan adonan dengan choco chips dan almond slice. 
  5. Setelah 15 menit dan oven sudah panas, masukkan loyang berisi adonan yang sudah kita buat. Panggang adonan dengan suhu 160 derajat Celcius, api atas bawah selama 60 menit. Setelah 60 menit, keluarkan loyang dan lakukan tes tusuk dengan menggunakan tusuk gigi atau tusukan sate.
  6. Jika saat ditusuk gak ada adonan yang menempel, itu artinya cake pisang sudah jadi. Keluarkan cake dari loyang, lalu diamkan sampai suhunya dingin. Setelah dingin, lepaskan baking paper yang menempel di permukaan cake.
  7. Pindahkan cake yang sudah jadi ke piring saji. Potong-potong cake pisang sesuai selera. Nah, resep cake pisang panggang spesial sudah siap untuk dinikmati!

Verified Writer

Siti Marliah

Instagram: @sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya