TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bolu Gulung Pandan yang Empuk dan Lembut di Mulut

Penggemar kue bolu pasti suka!

gambar bolu gulung pandan (youtube.com/Atha Naufal)

Kamu salah satu penggemar bolu, kan? Buat penggemar aneka kue atau makanan manis, kue bolu memang enak banget, apalagi kalau makannya ditemani secangkir teh hangat. Sesuai namanya, bolu gulung memang punya tampilan yang beda dari resep bolu lainnya.

Bolu gulung sebenarnya gak jauh beda dari bolu lainnya, bahannya juga sama persis. Bedanya, bolu yang sudah jadi diolesi krim atau selai, lalu digulung membentuk seperti tabung. Berbagai rasa bisa dibuat, salah satunya bolu gulung pandan.

Resep bolu gulung pandan yang empuk dan lembut hasilnya ini bisa kamu praktikkan di rumah. Nikmatnya bikin kamu betah makan!

Baca Juga: Resep Bolu Gulung Moka untuk Teman Minum Teh dan Kopi Hangat

Resep Bolu Gulung Pandan

gambar bahan bolu gulung pandan (unsplash.com/Monika Grabkowska)

Bahan utama:

  1. 70 gram tepung terigu
  2. 10 gram susu bubuk
  3. 10 gram tepung maizena
  4. 100 gram margarin, lelehkan
  5. 80 gram gula pasir
  6. 5 butir telur
  7. 1 sendok teh vanili bubuk
  8. 1 sendok teh emulsifier
  9. 1 sendok teh pasta pandan

Bahan buttercream:

  1. 100 gram margarin atau mentega putih
  2. 40 gram gula halus
  3. 30 gram susu kental manis

Cara Membuat

gambar adonan bolu gulung pandan (youtube.com/Atha Naufal)
  1. Siapkan wadah berukuran besar, lalu masukkan tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, gula pasir, telur, vanili bubuk, dan emulsifier.
  2. Aduk semua bahan menggunakan mikser berkecepatan tinggi sampai menyatu dan berubah menjadi adonan berwarna putih, kental, dan berjejak.
  3. Tambahkan margarin yang sudah dilelehkan ke dalam adonan, lalu aduk dengan spatula.
  4. Pastikan margarinnya sudah tercampur dengan adonan dan gak ada yang mengendap di permukaan wadah.
  5. Tambahkan pasta pandan ke dalam adonan, lalu aduk lagi menggunakan spatula sampai seluruh adonan berubah warna menjadi hijau.
  6. Untuk membuat resep bolu ini, gunakan loyang berukuran 26 x 26 sentimeter. Olesi seluruh permukaan loyang dengan menggunakan margarin, lalu lapisi lagi dengan menggunakan kertas roti. Jika kamu gak memiliki kertas roti, setelah diolesi margarin, kamu bisa melapisi loyang dengan tepung terigu.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah kita lapisi tadi, lalu ratakan permukaannya dengan menggunakan spatula.
  8. Panaskan oven di suhu 200 derajat Celcius dengan menggunakan api atas bawah selama 10 menit. Oven sudah panas, masukkan loyang berisi adonan.
  9. Panggang adonan selama kurang lebih 25 menit atau sampai bolunya matang.
  10. Setelah matang, keluarkan loyang dari oven. Sisir pinggiran loyang yang gak dilapisi oleh kertas roti dengan menggunakan pisau supaya bolunya mudah dikeluarkan.
  11. Keluarkan bolu dari loyang, lalu lepas kertas roti yang menempel di permukaannya. Diamkan bolu pandan yang sudah jadi sampai suhunya dingin. Sambil menunggu bolunya dingin, kita bisa membuat buttercream-nya. 
  12. Cukup campur margarin atau mentega putih dengan gula halus dan susu kental manis. Aduk ketiga bahan dengan menggunakan mikser sampai tercampur rata, dan teksturnya jadi creamy.
  13. Bolu pandan sudah dingin, olesi permukaannya dengan buttercream yang kita buat.
  14. Oles merata dengan menggunakan spatula, tapi jangan menggunakan buttercream terlalu tebal. Jika seluruh permukaan bolu sudah diolesi buttercream, gulung bolu dari satu sisi ke sisi lainnya. Gulungnya hati-hati ya supaya bolunya gak patah permukaannya.
  15. Bungkus bolu yang sudah digulung dengan kertas roti. Masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama 15 menit. Keluarkan bolu dan potong-potong sesuai selera.
  16. Bolu gulung pandan siap disajikan sebagai camilan.

Baca Juga: 8 Penyebab Bolu Gulung Patah saat Digulung, Adonan Terlalu Tebal!

Verified Writer

Siti Marliah

Instagram: @sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya