TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bubur Gula Merah yang Lembut dan Manis, Bikin Perut Nyaman

Manisnya melekat banget di lidah

bubur merah (instagram.com/er_esfoodies)

Di beberapa acara syukuran, bubur gula merah pasti selalu ada. Makanan ini sudah jadi tradisi turun temurun untuk disajikan kepada tamu yang hadir.

Tak perlu menunggu ada syukuran, sebenarnya kamu bisa menikmati bubur dengan rasa gurih dan manis ini sendiri di rumah sebagai sarapan. Selain itu, bisa juga dijadikan ide bisnis kuliner yang menjanjikan.

Bikin perut hangat dan nyaman, berikut resep bubur gula merah yang manisnya melekat banget di lidah. Siap-siap ketagihan dengan rasa dan teksturnya, ya!

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan

ilustrasi beras (pixabay.com/ImageParty)

Bahan utama:

  • 300 gram beras putih
  • 300 gram beras ketan
  • 2,5 liter santan
  • 500 ml air panas
  • 300 gram gula merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 8 lembar daun pandan

 Bahan kuah santan:

  • 600 ml santan
  • 1 sendok teh garam
  • 4 lembar daun pandan
  • 1 sendok makan tepung maizena

2. Sisir gula merah hingga halus tak tersisa

ilustrasi gula merah yang sudah disisir halus (pixabay.com/flomo001)

Bersihkan beras menggunakan air mengalir melalui proses tiga kali basuhan. Kemudian, sisir halus gula merah menggunakan pisau sampai habis. Masukkan ke dalam wadah, lalu sisihkan.

Untuk daun pandan, ikat sesuai selera agar nantinya lebih mudah dimasak. Sisakan sebagian daun pandan dan diiris sesuai selera. Daun pandan yang satu ini hanya digunakan sebagai topping. 

Baca Juga: Resep Bolu Putu Gula Merah, Nikmatnya Menggoyang Lidah 

3. Aduk beras sampai lunak seperti bubur

ilustrasi memasak bubur merah (pexels.com/Annushka Ahuja)

Campur santan dengan beras putih, beras ketan, gula merah, garam, dan gula pasir di dalam panci yang sudah ada di kompor. Kemudian, masak sambil terus diaduk hingga santan mendidih dan mengental.

Setelah itu, tekstur beras akan menjadi lebih lembek seperti bubur. Jika masih sedikit padat, disarankan untuk menambahkan air panas sekitar 500 ml.

Jika sudah, aduk-aduk kembali hingga bubur terbentuk lebih besar dan kuah kentalnya pun lembut. Jangan lupa koreksi rasanya, ya!

4. Masak kuah santan bersama daun pandan

ilustrasi membuat kuah santan kental (unsplash.com/Gaelle Marcel)

Jika bubur sudah matang dan rasa sudah pas, segera matikan kompor. Kemudian, buatlah kuah santan yang akan digunakan sebagai kuah taburan. 

Caranya, campurkan tepung maizena dengan air secukupnya hingga terbentuk cairan kental. Kemudian, didihkan santan sambil terus diaduk-aduk.

Setelah santan mendidih, tambahkan garam, daun pandan, dan larutan tepung maizena. Masaklah hingga kuah ini mengental dan mendidih kembali. Aduk-aduk terus, ya!

Baca Juga: Resep Bubur Sumsum Cokelat yang Creamy Banget!

Verified Writer

Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya