TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Membuat Bolu biar Mengembang Sempurna, Terapkan Cara Ini! 

Sedih banget kalau bikin bolu tapi gak mengembang

bolu panggang (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Pernah gak kamu membuat kue bolu sesuai resep, tapi malah gagal total? Bolu jadi bantat dan teksturnya tidak lembut. Bisa jadi yang salah bukan resepnya, tapi cara kamu memilih bahan atau menerapkan langkahnya.

Ada beberapa hal yang harus diterapkan agar bolu tidak bantat dan keras. Tips-tips tersebut bahkan bukan lagi menjadi rahasia umum, lho.

Jika belum tahu, berikut beberapa tips agar bolu yang kamu bikin mengembang sempurna dan teksturnya menjadi lembut. Coba terapkan, deh!

1. Gunakan bahan yang tersimpan di suhu ruangan 

ilustrasi bahan-bahan (unsplash.com/Annie Spratt)

Bahan untuk kue bolu adalah hal paling penting agar menghasilkan bolu yang sempurna. Bahan-bahan bolu ini harus dipilih dengan benar, bahkan dari segi kualitasnya yang ada di bahan tersebut.

Tidak hanya memilih bahan, penyimpanan juga harus diperhatikan. Bolu akan mengembang sempurna ketika menggunakan bahan yang tersimpan di suhu ruangan. Jangan sesekali menggunakan bahan di dalam kulkas atau dalam keadaan dingin.

2. Jangan gunakan margarin panas

ilustrasi margarin cair (unsplash.com/Dan Dennis)

Mungkin hal ini dianggap paling sepele, kan? Proses melelehkan margarin dan menggunakan margarin memang harus diperhatikan. Memasukkan margarin sesaat setelah mencairkannya memang gak boleh, tapi membiarkannya terlalu lama juga gak boleh.

Ada tips yang bisa kamu terapkan. Saat proses membuat adonan, sebelum jadi atau sudah berjalan setengahnya, kamu bisa langsung mencairkan margarin dengan api paling kecil.

Matikan api saat margarin hampir cair. Pindahkan ke wadah lain, lalu diamkan. Sembari mengocok adonan bolu, tunggu margarin hingga hangat dan siap untuk dituang ke dalam adonan.

Baca Juga: 8 Ragam Kue Bolu Khas Indonesia Paling Favorit, Sudah Coba Semua? 

3. Gunakan alat dan wadah yang kering

ilustrasi baking equipment (unsplash.com/Sharvini Veera)

Jangan gunakan wadah yang basah. Pastikan agar wadah tersebut tidak ada air, minyak, atau bahkan mentega yang menempel. Wadah yang lembap pun juga jangan digunakan.

Cuci terlebih dahulu menggunakan sabun untuk menghilangkan minyak yang menempel. Bersihkan dengan kain lap bersih dan biarkan hingga kering sebelum menggunakannya.

4. Ayak tepung terigu dan baking powder

ilustrasi mengayak tepung (unsplash.com/Sonia Nadales)

Bolu enak adalah yang teksturnya lembut. Ketika dipotong, sama sekali tidak ada gumpalan yang berada di dalamnya. Lantas, bagaimana cara agar bolu yang kita buat tidak ada gumpalan agar tidak serat saat dimakan?

Ayaklah terlebih dahulu bahan, seperti tepung terigu, maizena, baking powder, susu bubuk, dan, cokelat bubuk. Untuk menghemat waktu, kamu bisa mencampurnya jadi satu, lalu diayak bersamaan. Hal ini akan menghindari gumpalan bahan saat membuat kue bolu.

5. Jangan terlalu lama saat mengocok bahan 

ilustrasi membuat adonan basah (youtube.com/dheliarizki)

Saat mengocok emulsifier, gula, dan telur pastikan untuk menggunakan mikser kecepatan rendah. Kocok tiga bahan tersebut hingga benar-benar mengembang.

Saat mencampur adonan, naikkan kecepatan mikser secara bertahap hingga yang paling tinggi. Pastikan tercampur rata dan adonan mengembang, kemudian matikan mikser tersebut.

Perlu diingat, jangan terlalu lama saat mengocok bahan. Hal ini menyebabkan udara yang masuk ke adonan semakin banyak, sehingga bolu buatanmu jadi bantat.

Baca Juga: Resep Bolu Pisang Kukus Tanpa Mixer, Lembut dan Empuk Banget 

Verified Writer

Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya