TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bolu Klemben yang Lembut, Kue Jadul Kesukaan Semua Orang

Varian bolu untuk disajikan saat Lebaran nanti 

Bolu klemben (instagram.com/svanny_recipe)

Indonesia kaya akan jenis kue bolu yang nikmat, salah satunya bolu klemben. Bolu ini sangat unik karena cara buatnya sangat berbeda dengan bolu pada biasanya. Bolu klemben adalah varian kue jadul yang masih sering dijumpai hingga saat ini.

Bolu klemben dibuat menggunakan tepung yang disangrai sebelumnya. Rasanya jauh lebih ringan dibandingkan dengan bolu biasanya. Selain itu, bolu ini dibuat dengan cetakannya sendiri dengan bentuk yang tidak terlalu besar.

Biar gak makin penasaran lagi, berikut resep membuat bolu klemben yang bisa kamu coba di rumah. Disajikan saat Lebaran nanti makin sempurna, lho!

1. Bahan untuk membuat bolu klemben 

ilustrasi bahan (unsplash.com/chrishcus)

Bahan-bahan:

  • 400 gram tepung terigu
  • 400 gram gula pasir
  • 5 butir telur
  • 1/2 sdt vanila bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • margarin secukupnya

2. Sangrai tepung terigu dengan api kecil 

Ilustrasi tepung terigu (pixabay.com/@hans)

Siapkan terlebih dahulu wajan untuk menyangrai tepung terigu. Nyalakan kompor dan atur apinya kecil saja. Letakkan wajan dan tuang tepung terigu yang sudah dipersiapkan ke dalamnya.

Selanjutnya, sangrai perlahan tepung terigu dengan diaduk secara berkala. Sangrai hingga tepung terasa sangat ringan. Kemudian, matikan kompor, angkat wajan dan biarkan hingga tepung menjadi dingin.

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Ubi Ungu yang Lembut dan Empuk, Gak Bantat!

3. Kocok gula dan telur hingga mengembang 

ilustrasi cream butter dan gula (instructables.com)

Selanjutnya membuat bahan pengembang terlebih dahulu. Bahan yang akan digunakan cukup telur dan gula pasir. Siapkan wadah bersih dan kering, lalu masukkan dua bahan tersebut ke dalamnya.

Gunakan mikser saat mengocok bahan. Atur kecepatannya menjadi kecepatan paling tinggi. Kocok hingga warnanya berubah menjadi putih pucat. Masukkan garam dan vanila bubuk, lalu kocok sekali lagi hingga bahan tercampur rata.

4. Buat adonan bolu klemben 

Ilustrasi membuat adonan (youtube.com/Kikifoodies)

Masukkan tepung yang sudah selesai disangrai sebelumnya ke dalam bahan kocok. Tuang sedikit demi sedikit sembari di aduk menggunakan spatula. Lakukan hingga kekentalan yang diinginkan.

Untuk adonan bolu klemben, usahakan jangan terlalu kental ataupun terlalu cair, ya. Kemudian, jika dirasa sudah cukup, kamu bisa menyisihkan terlebih dahulu untuk mempersiapkan langkah selanjutnya.

Baca Juga: Resep Bolu Kopi Susu yang Praktis, Cuma Butuh 4 Telur Aja!

Verified Writer

Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya