TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Apem Selong, Jajanan Tradisional yang Manisnya Bikin Nagih!

Jajanan murah meriah yang sudah pasti nikmat

Apem selong (youtube.com/Soim Ahmad)

Apem selong masih menjadi jajanan tradisional yang banyak dijual. Cita rasanya yang manis dengan tekstur lembut dan kenyal membuat jajanan satu ini memiliki banyak penggemar.

Cara membuat apem selong pun tergolong mudah. Jika kamu ingin mencobanya, berikut resep dan cara membuat apem selong yang dijamin langsung jadi dan gak pakai ribet!

1. Bahan-bahan yang diperlukan 

ilustrasi bahan (youtube.com/dapur ijo)

Bahan biang:

  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdm gula pasir
  • 6 gram ragi instan
  • 60 ml air hangat

Bahan apem selong:

  • 260 gram tepung beras
  • 135 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 500 ml santan
  • 2 lembar daun pandan
  • garam secukupnya

2. Racik adonan biang terlebih dahulu

Biang untuk apem (youtube.com/Soim Ahmad)

Apem termasuk jenis kue fermentasi, lho. Supaya menjadi lembut dan kenyal, maka dibutuhkan yang namanya biang.

Ambil wadah kecil atau gelas bersih, lalu campur semua bahan biang ke dalamnya. Kemudian, aduk hingga rata dan diamkan selama 15 menit.

Baca Juga: Resep Apem Panggang Empuk dan Lembut, Teman Pas Minum Teh

3. Rebus santan dan daun pandan

ilustrasi memasak santan (youtube.com/dapur ijo)

Santan yang dibutuhkan dalam membuat apem selong adalah santan hangat. Kamu harus memasaknya terlebih dahulu, lalu mendiamkannya sebentar.

Ambil panci, lalu masukkan santan beserta dua lembar daun pandan yang sudah diikat ke dalamnya. Panaskan hingga santan mendidih.

Jangan lupa untuk selalu mengaduknya, ya. Hal ini bertujuan agar santan tidak pecah. Jika sudah mendidih, segera angkat dan singkirkan terlebih dahulu.

4. Aduk adonan apem selong

adonan apem (youtube.com/dapur ijo)

Siapkan wadah bersih yang agak besar, lalu masukkan tepung beras, gula pasir, garam, serta biang yang sudah didiamkan selama 15 menit tadi ke dalamnya. Aduk hingga merata menggunakan spatula kayu.

Setelah itu, ,asukkan telur dan santan sedikit demi sedikit sampai santan habis. Gunakan mikser atau whisk untuk mencampurnya. Jika sudah tercampur rata, diamkan selama satu jam atau lebih hingga adonan mengembang.

5. Masak apem dengan cetakan atau wajan mini

cetakan apem (youtube.com/dapur ijo)

Siapkan wajan mini khusus untuk membuat apem. Olesi dengan minyak terlebih dahulu, lalu panasi dengan api kecil dan tunggu hingga panas.

Jika sudah panas, tuang adonan sekitar satu sendok sayur ke dalam wajan. Tekan adonan tersebut untuk membentuk kulit tepi yang sedikit lebih tipis. Angkat sendok sayur, lalu tutup wajan dan tunggu hingga matang.

Segera angkat dan biarkan terlebih dahulu apem selong yang sudah matang. Letakkan di atas piring. Jika sudah sedikit hangat, apem selong siap dinikmati.

Baca Juga: 9 Resep Kreasi Kue Apem, Jajanan Jadul Nusantara yang Manis Gurih!

Verified Writer

Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya