TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Sarden Homemade, Menu Sehat Kaya akan Nutrisi

Menu makan siang super simpel

sarden homemade (vecteezy.com/maxskyohm27626627)

Sarden merupakan lauk yang banyak disukai. Bukan hanya rasanya yang lezat, tapi juga harganya yang ekonomis dan kandungan nutrisinya tinggi. Selain itu, sarden juga mudah ditemukan mulai dari warung biasa hingga supermarket.

Sarden siap saji biasanya dikemas dalam bentuk kalengan berisi potongan ikan yang sudah dimasak dan dibumbui sedemikian rupa. Rasanya yang enak dan cara memasaknya yang simpel, jadi pilihan lauk yang praktis.

Meski dikenal sebagai hidangan cepat saji, sarden juga bisa dibuat sendiri, lho. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Resep sarden homemade bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin menyantap sarden dengan puas.

Jika kamu tertarik mencoba sarden homemade, yuk, langsung saja simak resepnya berikut ini. Rasanya tak kalah nikmat dengan sarden kalengan dan pastinya bebas pengawet!

Bahan Membuat Sarden Homemade

ikan salem (pexels.com/Eva Bronzini)

  1. 1 kg ikan salem
  2. 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  3. 3 butir bawang merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. 2 sdm margarin
  6. ½ sdt gula pasir
  7. ½ sdt garam
  8. ½ sdt kaldu bubuk
  9. 200 ml air

Bumbu Halus:

  1. 5 buah bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 5 buah cabe merah keriting
  4. 2 buah tomat
  5. 2 cm jahe
  6. 4 sdm saus tomat

Baca Juga: 5 Tips Membuat Sarden Kaleng ala Rumahan yang Istimewa

Cara Membuat Sarden Homemade

ilustrasi memasak (freepik.com/freepik)
  1. Bersihkan ikan dari kotoran dan bagian perutnya, lalu buang kepalanya. Potong menjadi beberapa bagian, lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan marinasi selama 15 menit.
  2. Iris tipis bawang merah dan bawang putih. Setelah 15 menit, letakkan ikan pada wadah tahan panas lalu taburi dengan irisan bawang putih dan bawang merah.
  3. Letakkan wadah ikan di tengah panci yang lebar, lalu tuangkan sedikit air pada panci. Masak ikan dengan cara tim hingga putih pucat, lalu tiriskan.
  4. Blender bumbu kemudian lelehkan margarin pada wajan, tumis bumbu halus hingga wangi.
  5. Tuangkan air lalu bumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk. Masak hingga mendidih lalu koreksi rasa.
  6. Masukkan ikan salem, aduk pelan lalu ratakan saus ke seluruh permukaan ikan. Masak hingga saus meresap lalu angkat dan hidangkan dengan nasi hangat.
  7. Sarden homemade dari olahan ikan salem siap disajikan!

Kandungan Gizi Ikan Salem

ilustrasi ikan salem (pexels.com/Javier Balseiro)

Ikan salem merupakan ikan yang masuk dalam famili Scombridae, yaitu jenis makarel, bonito, dan tuna. Ikan ini termasuk jenis ikan yang paling laku dengan harga yang terjangkau dengan kandungan gizi yang tinggi. Dikutip dari fatsecret.co.id per 100 gr ikan salem mengandung nutrisi sebagai berikut:

  1. Energi 158 kkal
  2. Lemak 7,89 g
  3. Lemak Jenuh 2,247 g
  4. Lemak tak Jenuh Ganda 1,94 g
  5. Lemak tak Jenuh Tunggal 2,629 g
  6. Kolesterol 47 mg
  7. Protein 20,07 g
  8. Sodium 86 mg
  9. Kalium 406 mg

Manfaat ikan salem sangatlah beragam, karena ikan ini kaya akan lemak omega-3, mineral, dan protein. Protein pada ikan salem berperan penting dalam memperbaiki dan membangun jaringan tubuh baru.

Oleh karena itu, protein yang tinggi pada ikan salem menjadi salah satu manfaat utama. Protein membantu memproduksi hormon dan enzim, membantu mengatur keseimbangan cairan, mendukung sistem kekebalan tubuh, mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh, serta berbagai manfaat lainnya. 

Olahan ikan salem bisa menjadi alternatif menu sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan protein harian dan menjaga kesehatan tubuh khususnya kesehatan jantung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Yuk, bikin sarden homemade di rumah!

Baca Juga: Resep Rica-rica Sarden, Cita Rasa Pedasnya Bikin Kalap Makan

Verified Writer

Izam Lisa

Start your impossible

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya