TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Ketan Kratok khas Probolinggo, Menu Sarapan yang Legendaris

Wangi ketan dan unti gula merahnya, sempurna

ilustrasi ketan kratok (instagram.com/dapurnonet)

Ketan kratok merupakan kuliner legendaris dari Probolinggo. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai menu sarapan di pagi hari. Perpaduan wangi ketan dan unti kelapa yang manis nan legit, siap memanjakan lidahmu di pagi hari. 

Ketan kratok bukan sekadar makanan, tapi juga menu sarapan legendaris dan khas di Probolinggo. Ketan kratok juga sering disajikan sebagai hidangan untuk acara-acara doa bersama pada malam Jum'at di Probolinggo.

Dengan cita rasa yang khas dan proses pembuatan yang sederhana, ketan kratok telah menjadi menu sarapan favorit bagi banyak orang. Jika kamu ingin merasakan sensasi sarapan ala orang Probolinggo? Ikuti resep berikut ini dan buatlah ketan kratok sendiri di rumah.

Bahan Membuat Ketan Kratok

ilustrasi beras ketan (freepik.com/jcomp)

  1. 750 gr beras ketan
  2. 750 ml santan kental
  3. Sedikit garam

Bahan Unti:

  1. 1 buah kelapa setengah tua
  2. 200 gr gula merah
  3. 2 lembar daun pandan
  4. 50 ml air
  5. Sedikit garam

Baca Juga: 5 Tips Membeli Beras Ketan Berkualitas, Pilih yang Masih Bagus!

Cara Membuat Ketan Kratok

ilustrasi memasak (freepik.com/zinkevych)
  1. Cuci bersih beras ketan kemudian rebus dan masak dengan santan dan garam. Aduk-aduk hingga santan menyusut dan menyatu dengan ketan. 
  2. Setelah santan menyusut, panaskan kukusan lalu masukkan ketan ke kukusan. Kukus selama 30 menit hingga matang.
  3. Sambil menunggu, siapkan wadah untuk mencairkan gula pasir dengan air dan pandan. Tuangkan gula pasir, air dan daun pandan yang sudah disimpul di panci, lalu masak dengan api kecil hingga larut dan meletup-letup. Selanjutnya tuangkan kelapa parut. Aduk-aduk hingga rata dan tanak, lalu angkat unti.
  4. Sajikan ketan di piring, lalu taburi dengan unti di atasnya. Ketan kratok siap dinikmati jadi menu sarapan khas Probolinggo. 
  5. Jika suka, bisa ditambah dengan gula merah cair biar rasanya lebih gurih dan manis.

Tips Memasak Beras Ketan

ilustrasi memasak nasi (freepik.com/KamranAydinov)

Memasak beras ketan memang terlihat mudah, karena sekilas caranya seperti memasak nasi biasanya. Namun, tekstur beras ketan setelah matang akan lebih lengket dibandingkan nasi. Jadi supaya hasilnya tetap pulen dan tidak keras, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Pilih beras ketan yang bagus dan berkualitas. Beras ketan yang bagus ditandai dengan bijinya yang utuh, bebas dari kutu, dan tidak bau tengik. Beras ketan yang bagus memiliki warna putih susu yang cerah. Hindari beras yang sudah berwarna kusam, kekuningan, bernoda atau bercak-bercak pada butiran beras. 
  2. Cuci beras ketan hingga bersih dan airnya bening, selanjutnya rendam beras ketan. Hal ini dilakukan agar biji beras menyerap kelembaban dengan baik, sehingga beras ketan lebih pulen dan matang merata. 
  3. Durasi proses merendam beras ketan paling cepat selama satu jam hingga semalaman. Semakin lama beras ketan direndam, teksturnya akan semakin pulen dan lengket. Jadi, untuk mendapatkan hasil yang sempurna lebih baik durasi perendamannya sesuaikan dengan resep olahan beras ketan yang akan dibuat. 
  4. Takaran air untuk menanak beras ketan harus pas, agar beras matang dengan baik, tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek. 
  5. Lapisi kukusan arau rice cooker dengan baking parchment paper saat mengukus beras ketan. Dengan cara ini, beras ketan yang sudah matang tidak akan menempel pada tepi panci rice cooker atau kukusan.

Nasi beras ketan yang pulen, menjadikan ketan kratok khas Probolinggo lebih enak ketika dinikmati dengan unti kelapa yang manis, gurih, dan legit. So, perhatikan cara memasak beras ketannya, agar ketan kratok buatanmu hasilnya sempurna dan memuaskan. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Probolinggo, Lezatnya Bikin Ketagihan

Verified Writer

Izam Lisa

Start your impossible

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya