TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Gohyong Ayam Viral, Gak Perlu Antri dan Rasanya Nagihin

Gak perlu jauh-jauh ke Gondangdia untuk makan gohyong ayam

gohyong ayam (instagram.com/frizkilladinandra)

Salah satu kuliner viral di media sosial hingga diburu banyak orang akhir-akhir ini adalah ayam goreng gohyong malaya. Jajanan gohyong ayam ini bisa kamu jumpai di Jalan Gereja Theresia No 43 Gondangdia, Menteng, Jakarta. Saking viralnya, kedai gohyong ayam ini berhasil mendirikan cabang di daerah Jakarta lainnya.

Rasa gohyong ayam yang lezat dan autentik membuat banyak orang dari berbagai daerah datang untuk menikmati seporsi gohyong. Tak terkecuali para food vlogger dan konten kreator yang tertarik untuk mencoba gohyong ayam di warung tersebut. 

Gohyong sendiri adalah daging ayam cincang yang dibungkus dengan kulit lumpia yang dipotong dan digoreng hingga kering. Kemudian disajikan dengan cuko yang manis asam.

Buat kamu yang penasaran dengan rasa gohyong ayam, tak perlu jauh-jauh ke Jakarta. Lansung saja buat di rumah dengan resep gohyong ayam berikut ini.

Bahan Gohyong Ayam

ilustrasi bahan masakan (instagram.com/frizkilladinandra)

Bahan kulit:

  1. 200 gr tepung terigu
  2. 3 sdm tepung tapioka
  3. 500 ml air
  4. 1 butir telur
  5. 30 ml minyak goreng
  6. 1 sdt garam

Bahan isian:

  1. 450 gr paha ayam tanpa tulang
  2. 200 gr bakso sapi
  3. 7 siung bawang putih
  4. 2 butir telur
  5. 4 sdm tepung tapioka
  6. 4 batang daun bawang, ambil bagian hijau
  7. 50 ml air
  8. 1 sdt garam dan kaldu bubuk
  9. 1/2 sdt lada bubuk dan bubuk gohyong 

Bahan cuko:

  1. 500 ml air
  2. 120 gr gula merah
  3. 35 gr asam jawa
  4. 1 sdt kaldu bubuk dan garam
  5. 1/2 sdt lada bubuk
  6. 1 sdt kecap asin 

 

Baca Juga: 3 Trivia Gohyong, Olahan Ayam Gulung yang Sedang Naik Daun

Cara Membuat Gohyong Ayam

ilustrasi memasak (unsplash.com/Alyson McPhee)
  1. Rebus paha ayam hingga empuk. Sembari menunggu, haluskan bakso sapi dan bawang putih secara terpisah menggunakan chopper. 
  2. Setelah ayam empuk, chopper juga daging ayam. Pastikan tekstur daging ayam masih sedikit kasar. Jangan lupa iris daun bawang.
  3. Campurkan semua isian gohyong dalam satu wadah, sisihkan. Untuk membuat kulit gohyong, tinggal campur semua bahan kulit lalu saring.
  4. Cetak kulit gohyong pada pan anti lengket dengan api kecil hingga kering. Setelah semua kulit gohyong matang, tunggu hingga dingin.
  5. Ambil satu lembar kulit gohyong, tuangkan adonan isian ditengah kulit lalu gulung. 
  6. Potong gohyong menjadi beberapa bagian lalu goreng dengan teknik deep fry hingga kering. 
  7. Untuk membuat cuko, rebus air, gula merah, asam jawa, kaldu bubuk, garam, lada bubuk, dan kecap asin menjadi satu kemudian tunggu hingga semua bahan larut dan mendidih. 
  8. Sajikan gohyong goreng dengan taburi potongan cabe dan siram dengan cuko. 

Fakta Menarik Ayam Gohyong

gohyong ayam (Instagram.com/frizkilladinandra)

Gohyong sendiri merupakan kuliner khas budaya Tionghoa yang terbuat dari campuran daging babi dan bahan lainnya. Sedangkan gohyong ayam merupakan hidangan persilangan antara budaya Cina dan Betawi dengan versi halalnya. 

Pada mulanya, gohyong merupakan makanan khas orang Teochew dan orang Hokkien yang berasal dari daerah Provinsi Fujian yang kemudian bermigrasi ke Indonesia sehingga gohyong menjadi cukup terkenal di Indonesia. Hidangan ini akhirnya mulai tersebar dan dimodifikasi dengan budaya Betawi, termasik mengganti isian gohyong dengan daging ayam.

Seiring perkembangan zaman, gohyong ayam semakin populer di kalangan masyarakat. Rasa otentik dan lezatnya gohyong ayam tak akan pernah tergerus perkembangan zaman. Sebagai salah satu hidangan autentik, gohyong ayam harus jadi hidangan yang wajib kamu coba, yuk segera buat di rumah.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Ayam Giling untuk Camilan yang Lezat, Wajib Bikin!

Verified Writer

Izam Lisa

Start your impossible

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya