TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Baklava, si Manis nan Legit dari Turki

Roti manis dengan berbagai isian

baklava (pexels.com/Orhan Pergel)

Baklava merupakan salah kudapan khas Turki, hidangan ini berupa roti lapis yang diisi dengan berbagai macam isian, salah satunya kacang-kacangan. Hidangan ikonik dan legendaris di Turki ini seakan mampu memikat siapapun yang menikmatinya.

Rasanya yang manis dengan tekstur renyah roti yang berlapis-lapis mampu mambuat siapapun ketagihan ketika menyantapnya. Kamu penasaran dengan rasanya? Tak perlu jauh-jauh ke Turki untuk menikmati sepotong roti yang sudah mendunia ini. Kamu bisa buat di rumah dengan resep berikut ini..

Bahan membuat baklava

ilustrasi bahan (instagram.com/homebakeryangtreats)

Meskipun hidangan ini dari Turki, bahan-bahan untuk membuatnya cukup mudah kamu dapatkan di Indonesia. Berikut bahan membuat baklava:

  1. 36 lembar filo pastry
  2. 100 gr kacang tanah sangrai
  3. 3 sdm palm sugar
  4. 100 gr chocochips
  5. 1 sdt kayu manis bubuk
  6. Mentega cair secukupnya

Bahan membuat sirup:

  1. 1 sdm air perasan lemon
  2. 200 ml air
  3. 200 gr gula pasir

Cara membuat baklava

ilustrasi memasak (pexels.com/Chalt Goll)

Langkah - langkah membuat baklava:

  1. Sebelum membuat baklava, jangan lupa panaskan oven dengan suhu 180 derajat celsius selama 45 menit.
  2. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan, kemudian masukkan kacang tanah sangrai, palm sugar, dan kayu manis bubuk dalam food processor lalu campur dan haluskan.
  3. Siapkan loyang tahan panas, lalu ambil 1 lembar filo pastry. Letakkan pada loyang lalu olesi dengan mentega cair. Tumpuk kembali dengan filo pastry 1 lembar dan olesi lagi dengan mentega cair. Lakukan hal yang sama hingga membentuk 6 lapis atau 6 lembar filo pastry.
  4. Kemudian pada lapisan keenam olesi dengan campuran kacang tanah yang sudah dihaluskan dan taburi dengan chocochips.
  5. Tutup permukaan dengan lembar filo pastry selanjutnya. Tumpuk kembali filo pastry sebanyak 6 lapis dengan cara yang sama.
  6. Isi lapisan filo pastry dengan campuran kacang tanah setiap 6 lapis tumpukan dan lakukan hingga filo pastry dan campuran kacang tanah habis.
  7. Potong - potong baklava menjadi beberapa bagian, potong sesuai dengan keinginan kamu.
  8. Panggang baklava dalam oven bersuhu 180 derajat celsius selama 45 mnit sampai matang.
  9. Sembari menunggu buat sirup untuk olesan baklava nanti. Campur semua bahan sirup, masak hingga mendidih dan sedikit menyusut.
  10. Siram sirup ke seluruh permukaan baklava setelah matang, tunggu hingga sirupnya meresap sebelum disajikan. 

Asal usul baklava

baklava (pexels.com/North Photography)

Belum diketahui dengan pasti tahun berapa baklava pertama kali ditemukan. Namun, dua penulis asal Turki dan Yunani menyebutkan dalam bukunya yang berjudul Greece-Turkey at the Same Table, A Gourmets Guide to Both Countries mengatakan bahwa baklava pada awalnya merupakan hidangan khas Arab. Hal itu diperkirakan karena bentuknya yang mirip dengan kudapan manis khas Arab.

Kota Gaziantep, sebuah kota di ujung Turki dianggap sebagai daerah yang pertama kali dan memodifikasi hidangan Arab hingga menciptakan sajian baru bernama baklava. Kota ini merupakan pintu masuk para saudagar dari negara - negara terdekat yang menjadikannya sangat terbuka dengan kuliner dari negara yang dibawa oleh para pedagang.

Kebenaran mengenai kota Gaziantep sebagai tempat pertama kali dibuatnya baklava juga diperkuat dengan isian baklava yang biasanya diisi dengan kacang pistachio. Hal ini selaras dengan sebuah fakta bahwa kota Gaziantep merupakan kota penghasil kacang pistachio terbaik di dunia. 

Pepatah Turki mengatakan, "Siapa yang belum mencoba baklava di kota Gaziantep, maka ia belum pernah merasakan bagaimana rasa baklava sebenarnya". Pepatah ini seolah menggambarkan kota kelahiran baklava adalah kota Gaziantep yang memiliki resep baklava tertua. 

Baca Juga: 5 Makanan Khas Turki Berbahan Dasar Daging, Gak Cuma Kebab!

Verified Writer

Izam Lisa

Time to shine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya