TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Roti Sobek Kentang, Lembut Memikat!

Gunakan kentang berkualitas bagus, ya

ilustrasi roti sobek (pixabay.com/Clark Keng )

Roti sobek jadi penganan legendaris yang senantiasa disukai anak-anak sampai orang dewasa. Belum lagi kalau roti dibuat secara rumahan, rasa dan teksturnya lebih memikat saat dimakan.

Di antara macam-macam roti sobek yang ada di dunia kuliner, menambahkan kentang bisa membantu menguatkan rasa dan tekstur roti, lho. Di bawah ini ada sejumlah tips membuat roti sobek kentang supaya lembut dan memikat untuk dicoba.

1. Gunakan kentang yang bagus dan berkualitas

ilustrasi kentang (pixabay.com/wang dong)

Sebelum membuat adonan roti, ada baiknya kamu memperhatikan kondisi kentang yang digunakan. Pastikan bahan masih bagus dan berkualitas untuk menjaga rasa roti supaya enak dan lembut. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan resep yang kamu pakai, tapi biasanya tidak lebih banyak dari tepung.

Untuk menjaga supaya roti tetap enak, kamu bisa beli kentang dengan tekstur yang masih padat, berat, dan permukaan kulitnya halus. Jauhi kentang yang sudah lembek, memiliki warna kehijauan, ada bagian yang menghitam, bahkan mengeluarkan aroma mencurigakan. Beberapa kentang yang kurang bagus bisa memberikan rasa pahit pada adonan.

2. Haluskan kentang sampai teksturnya lembut

ilustrasi kentang yang dihaluskan (vecteezy.com/Srinrat Wuttichaikitcharoen)

Kentang yang akan dicampurkan ke dalam adonan roti perlu dimasak dulu dengan cara dikukus atau direbus. Kemudian haluskan kentang supaya tekstur roti jadi semakin halus dan lembut. Bisa gunakan garpu, saringan, blender, dan peralatan lain yang memudahkan.

Kentang yang dimasak ini akan memberikan kelembapan pada adonan sehingga hasil roti semakin berbeda. Namun jangan langsung memasukkan kentang panas ke dalam adonan roti, ya. Itu bisa menyebabkan ragi mati dan menghasilkan roti sobek yang bantat setelah dipanggang.

Baca Juga: 8 Ide Jajanan Anak Sekolah dari Roti Tawar, Mengenyangkan!

3. Sertakan terigu protein tinggi dalam adonan

ilustrasi tepung terigu dalam kantong (pexels.com/Klaus Nielsen)

Kunci membuat aneka roti yang lembut memikat juga perlu didukung oleh pemakaian bahan-bahan yang tepat. Selain memastikan ragi dalam keadaan aktif, terigu yang digunakan juga berpengaruh signifikan dalam menghasilkan tekstur roti.

Biar hasil roti sobek terasa empuk dan lembut memikat, kamu bisa sertakan tepung terigu protein tinggi sebagai bahan utama. Tepung yang dikenal sebagai bread flour ini memiliki kandungan gluten cukup tinggi yang mampu membuat roti lebih enak dari segala sisi. Tepung ini bisa dicampur juga dengan terigu protein sedang untuk keseimbangan tekstur.

4. Masukkan isian sesuai selera

ilustrasi selai cokelat (freepik.com/freepik)

Setelah mendapatkan adonan roti yang kalis, kamu dapat sisipkan isian sesuai selera. Itu akan membantu meningkatkan rasa dan tekstur makanan supaya lebih memikat lagi. Untuk referensi isian manis, kamu bisa tambahkan selai cokelat, selai buah, dan lain-lain.

Sementara itu, kalau kamu suka dengan isian agak asin dan gurih, bisa pertimbangkan keju, abon mayones, dan sejenisnya. Bulatkan adonan sampai isiannya terbalut sempurna. Tata di dalam loyang beberapa buah adonan roti untuk dipanggang sampai matang.

5. Olesi roti sobek kentang pakai mentega atau margarin selagi panas

ilustrasi mengoles roti (pixabay.com/Varintorn Kantawong)

Selama proses pemanggangan roti sobek, jaga panas oven agar sesuai dengan instruksi resep atau pengalaman baking pribadi. Jangan lupa panaskan oven supaya proses memasak jadi semakin efisien dan maksimal.

Sesaat setelah adonan roti matang, keluarkan roti sobek kentang dan olesi pakai mentega atau margarin saat masih panas. Itu akan membuat penampilan roti sobek kentang semakin glossy dan harum. Roti sobek pun siap disantap!

Roti sobek dengan tambahan kentang akan semakin lezat dan memikat karena ragam tips di atas. Bagi kamu yang belum terbiasa membuat roti sendiri, jangan lupa pilih resep roti sobek kentang yang teruji dan lakukan step-by-step pembuatan dengan cermat agar hasilnya bagus.

Baca Juga: 8 Cara Memakai Selai untuk Aneka Hidangan, Selain Olesan Roti!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya