TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Kue Black Forest yang Empuk dan Gak Bantat

Versi autentiknya sering memakai kirschwasser

ilustrasi kue black forest (pixabay.com/Manfred Richter)

Black forest adalah camilan terkenal yang sangat digemari di berbagai belahan dunia. Kue ini tersusun dari bolu cokelat bersama isian berupa selai ceri, krim, dan serutan cokelat. Perpaduan rasanya begitu unik dan menggugah selera.

Pembuatan kue black forest saat ini banyak dimodifikasi. Namun, untuk memperoleh rasa yang legendaris, kamu patut menerapkan lima tips membuat kue black forest ini, nih!

1. Gunakan bahan berkualitas

ilustrasi bahan kue (pixabay.com/BiggiBe)

Perhatikan penggunaan bahan-bahan untuk membuat kue bolu utamanya. Pastikan semua komponen dalam kondisi segar sebelum diolah menjadi black forest, seperti tepung terigu, telur, cokelat, dan bahan lainnya untuk memberi kualitas terbaik pada kue.

2. Gunakan simple syrup sebagai pelapis

ilustrasi classic simple syrup (pixabay.com/RitaE)

Penggunaan simple syrup dianjurkan untuk menjaga kualitas black forest agar tetap lembap saat disajikan. Pengolesan ini dilakukan di permukaan kue sampai rata, tetapi tidak terlalu basah. Simple syrup memberikan sensasi kue yang lebih enak dan gak kering.

Baca Juga: Resep Cake Black Forest Ekonomis, Bisa buat Camilan Lebaran

3. Penggunaan kirschwasser dan penggantinya

ilustrasi botol kirschwasser (pixabay.com/Hans)

Pada resep autentiknya, black forest menggunakan kirsch atau kirschwasser untuk memberi rasa dan menjaga kelembapan kue. Ini adalah ceri brandy yang masuk ke dalam kategori minuman keras.

Namun, bagi kamu yang gak memiliki kirsch atau tidak bisa mengonsumsinya, jangan khawatir, karena bisa diganti memakai air dari jus ceri. Tenang, tetap enak dan aromanya wangi, kok!

4. Gunakan dark cherry

ilustrasi buah ceri hitam (pixabay.com/Wolfgang Eckert)

Black forest terkenal karena perpaduan rasa manis dan asam menggugah selera. Selai atau buah yang digunakan sebaiknya adalah dark cherry (ceri hitam), karena rasanya tetap menyegarkan, tapi tidak menutupi rasa manis pada kue.

Selain itu, jika tidak menemukan buah ini, kamu bisa menggantinya pakai selai lain yang memiliki kombinasi serupa.

Baca Juga: 10 Makanan Manis Khas Jerman, Tidak Hanya Black Forest, lho

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya