TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Cilung, Jajanan Kenyal Bercita Rasa Gurih

Pastikan konsistensi adonannya pas

ilustrasi olahan cilung (vecteezy.com/Cahya Sunandar)

Intinya Sih...

  • Bahan pembuatan cilung sederhana, terutama tepung tapioka atau sagu sebagai bintang utamanya
  • Konsistensi adonan sangat mempengaruhi hasil akhir makanan, harus cair dan tidak kental
  • Perhatikan teknik memasak cilung dengan cermat sesuai resep yang digunakan, serta tambahkan baluran bumbu sesuai selera

Jajanan unik di sekitar kita memang tak pernah ada matinya. Selalu ada hidangan menarik yang patut dicoba di rumah biar kamu turut merasakan keunikan santapan tersebut. Misalnya dengan mencoba makanan bernama cilung yang merupakan kependekan dari aci digulung.

Sajian tersebut memiliki perpaduan rasa gurih dan tekstur kenyal. Ia cukup terkenal di Jawa Barat. Tapi selain membelinya di luar, kamu juga bisa membuat makanan itu di rumah, apalagi bahannya juga sangat sederhana.

Demi menghasilkan cilung yang lezat, ada lima tips pembuatan cilung yang kenyal di bawah ini agar bisa kamu ikuti demi mendapatkan cilung yang nikmatnya jempolan.

1. Pastikan tepung utama yang dipakai adalah tapioka

Ilustrasi tepung tapioka (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Seperti disebutkan sebelumnya, kalau bahan pembuatan cilung ini sangatlah sederhana. Bintang utama pembuatan cilung adalah tepung tapioka atau sagu. Ini adalah komponen penting yang sukses memberi konsistensi kenyal pada cilung. Jadi, pastikan tepung yang kamu pakai adalah tapioka atau sagu.

Kalaupun ingin ditambah terigu, jumlahnya cukup sedikit saja. Jangan melebihi atau menyamai takaran tepung tapioka karena nantinya tekstur cilung akan berbeda. Sepatutnya tekstur makanan ini ialah lentur dan kenyal, bukan padat. Sehingga sensasi menikmatinya pun bakal terasa semakin maksimal.

2. Konsistensi adonan cilung harus cair supaya kenyal

ilustrasi adonan dalam mangkuk (freepik.com/freepik)

Dalam proses pembuatan cilung, konsistensi adonan sangat mempengaruhi hasil akhir makanan. Maka dari itu, pastikan kamu memilih resep yang tepat untuk memperoleh adonan yang baik. Idealnya konsistensi adonan cilung ialah cair, tidak kental apalagi berat.

Untuk mendapatkan konsistensi tersebut, tepung tapioka perlu dicampur air dan penyedap rasa. Biar tidak ada bagian yang bergerindil, kamu pun dapat melakukan penyaringan untuk mencegah bahan yang belum larut. Dengan mendapatkan konsistensi yang cair, kamu sudah mendapatkan adonan yang tepat untuk membuat cilung kenyal ala rumahan.

Baca Juga: Resep Cilung Tanpa Telur, Jajanan Khas Bandung yang Bikin Nagih

3. Perhatikan teknik memasak supaya adonan matang sempurna

ilustrasi proses memasak (freepik.com/drobotdean)

Memperhatikan teknik memasak cilung sangat penting, karena setiap resep memiliki cara berbeda-beda. Ada orang yang memakai sedikit minyak untuk membuat adonan ini, dan adapula yang melebihkan penggunaan minyak untuk memasak adonan cilung. Teknik manapun, perlu kamu lakukan dengan cermat biar hasilnya memuaskan.

Jika menggunakan sedikit minyak, dianjurkan memakai wajan datar untuk alat masak agar penggulungannya lebih mudah. Tunggu wajan panas di api sedang, baru masukkan satu sendok sayur adonan sampai ia mulai set. Lalu gulung adonan secara perlahan.

Sedangkan jika hanya memiliki wajan cekung, gunakan teknik memasak pakai lebih banyak minyak. Itu akan membuat adonan cilung mengambang, dan kamu bisa memutar adonan tersebut dengan mudah sesaat setelah dimasukkan ke dalam wajan panas dan api sedang.

4. Pakai baluran tepung roti atau abon biar makin enak

ilustrasi adonan abon (freepik.com/freepik)

Cilung belum maksimal kalau dinikmati begitu saja, makanya diperlukan baluran bumbu di bagian luar untuk menambah tampilan dan cita rasa makanan. Komponen yang dipakai sebagai baluran bisa disesuaikan dengan ketersediaan bahan atau kesukaan masing-masing. Beberapa yang populer adalah adonan tepung roti dan abon.

Untuk adonan tepung roti, bahan perlu disangrai terlebih dahulu dan haluskan bersama bawang goreng biar lebih gurih. Sedangkan abon, kamu bisa pilih sesuai selera apakah hendak menggunakan abon manis atau abon pedas biar perpaduan rasa bersama cilung tersebut jadi semakin nikmat.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya