TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Bolu Marmer Kukus yang Cantik dan Lembut

Terasa nikmat tanpa adanya bau telur

ilustrasi bolu marmer kukus (vecteezy.com/Priyo Sanyoto)

Bolu marmer terasa sangat nikmat. Bolu ini kaya akan telur, mentega, dan bahan penunjang lain yang memberikan sensasi rasa tak terlupakan di lidah. Namun, tenang saja, kamu bisa membuat bolu marmer ini dengan metode kukus supaya makin praktis.

Walau proses memasaknya mengandalkan panci kukusan, tetapi bolu marmer akan tetap lezat di mulut. Supaya hasilnya enak, kamu bisa mempraktikkan tips membuat bolu marmer kukus berikut ini, ya!

Baca Juga: Resep Bolu Marmer Kukus 3 Telur, Cocok buat Camilan Santai

1. Gunakan campuran mentega dalam adonan

ilustrasi mentega dalam wadah (pixabay.com/M W)

Perlu diketahui, dalam proses pembuatan marmer cake kukus ini ada banyak jenis bahan yang digunakan. Wajar jika kamu menjumpai perbedaan satu atau dua komponen dalam resep. Hal itu biasanya disesuaikan dengan hasil akhir yang hendak dicapai atas alasan preferensi, bujet, dan sejenisnya.

Namun, kalau kamu ada bujet lebih, sisihkan sebagian untuk membeli mentega. Bahan ini akan membuat bolu marmer kukus semakin harum dan rasanya lebih menggoda. Bagi yang belum mengenali bahan-bahan dapur, mentega tidak sama dengan margarin, walaupun keduanya bisa saling menggantikan.

Bahan-bahan itu masuk dalam kategori lemak pada proses pembuatan kue. Bagi orang yang suka mendapatkan kue moist, bahan yang dipakai sering kali berasal dari minyak sayur. Kamu bisa pakai campuran minyak sayur dan mentega cair, atau margarin cair dengan mentega cair. Kombinasi ini akan memberikan sensasi yang lebih memikat, deh.

2. Pastikan telur yang dipakai dalam keadaan segar

ilustrasi telur segar (freepik.com/freepik)

Bolu marmer merupakan salah satu kue yang kaya kandungan telur. Bahan ini pun bisa membuat sensasi kue jadi lebih legit, lembut, dan kokoh. Sama seperti sebelumnya, setiap resep punya penggunaan telur yang juga berbeda-beda.

Terdapat beberapa resep yang menggunakan full kuning telur, memakai telur utuh plus beberapa ekstra kuning telur, juga ada yang memakai telur utuh saja. Teknik mana pun perlu disesuaikan dengan instruksi resep supaya bolu marmer kukus berhasil. Tapi, perbedaan ini bisa memberikan kontras rasa berlainan juga, lho.

Pastikan telur dalam keadaan segar supaya bahan lebih mudah mengembang saat dikocok. Campur bahan menggunakan mixer, lalu kocok bersama gula sampai emulsifier sampai mengembang dan berjejak. Atau, ikuti petunjuk resep yang kamu gunakan.

3. Tambahkan ekstrak vanila untuk rasa terbaik

ilustrasi vanila (freepik.com/timolina)

Karena bolu marmer ini memiliki kandungan telur yang tak kalah tinggi dari metode panggang, biasanya aroma telur yang kurang bagus akan tercium saat kue matang. Maka  dari itu, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu perlu memasukkan sejumlah ekstrak vanila untuk aroma terbaik.

Selain menggunakan ekstrak vanila, juga ada yang mengandalkan rum untuk menciptakan rasa dan aroma kue yang lebih tajam. Namun, bahan tersebut bersifat opsional. Sementara itu, sebagian adonan juga akan ditambah cokelat bubuk berkualitas tinggi yang bisa meningkatkan aroma makanan supaya lebih legit dan nikmat.

Baca Juga: Resep Bolu Marmer Pandan yang Lembut dengan Aroma Menggoda

4. Tambah ekstra perasa yang berasal dari susu atau santan

ilustrasi botol susu (freepik.com/freepik)

Penggunaan ekstra perasa dalam bolu marmer juga berlaku saat adonan akan dikukus. Bahan itu kebanyakan berasal dari susu full cream, rasionya susu cair lebih banyak dari susu bubuk. Selain menambah rasa, keberadaan bahan tersebut juga bisa memberikan kelembapan pada kue supaya tidak seret atau kering setelah dikukus.

Sebenarnya, ada juga yang menggunakan santan dalam adonan. Namun, biar hasilnya enak dan optimal, maka sebaiknya cari resep bolu marmer kukus yang memakai santan untuk meminimalisir kegagalan. Alasan penggunaan santan juga beragam, mulai dari gaya hidup, alergi, atau bujet.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya