TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Bolu Gulung Tape Singkong yang Menggoda

Gunakan tape manis agar rasanya makin nikmat

ilustrasi bolu gulung tape singkong (vecteezy.com/Bigc Studio)

Bolu gulung dan tape singkong mungkin akan dianggap sebagai dua bahan yang sangat berbeda. Namun, di tangan yang tepat, dua komponen ini akan menghasilkan makanan lezat dan wangi. Hasilnya pun, tak kalah dengan bolu gulung rasa lain di luaran sana.

Pembuatan bolu gulung tape memang tidak jauh berbeda dengan bolu gulung biasa. Nih, simak lima tips membuat bolu gulung tape untuk jadi camilan andalan kamu di rumah!

1. Gunakan tape singkong yang rasanya manis

ilustrasi tape singkong (pixabay.com/Dian A. Yudianto)

Tape singkong itu beragam rasanya, kamu bisa menemukan tape yang asam, manis, bahkan pahit. Semua itu bisa terjadi karena perbedaan usia fermentasi makanan yang semakin lama bisa semakin tajam. Tapi, jadi kurang enak jika memasukkan tape terlalu muda atau sudah terlalu lama ke dalam kue bolu.

Supaya lebih aman, sebaiknya kamu memilih tape singkong manis untuk adonan bolu gulung. Bahan ini akan meningkatkan rasa bolu, membuatnya lembut, dan semakin wangi. Biar gak kena zonk, cicipi dulu tape singkong sebelum ditambahkan ke dalam adonan.

2. Selalu ikuti takaran resep agar hasilnya enak

ilustrasi proses menakar tepung (pexels.com/Vlada Karpovich)

Bukan cuma kualitas tape singkong yang perlu diperhatikan. Bahan lain juga perlu kamu prioritaskan kualitasnya, kemudian takar dengan baik agar hasilnya maksimal. Gunakan resep yang terpercaya dan pakai timbangan dapur supaya akurat.

Bolu gulung adalah makanan yang terkenal rentan. Jika ada bahan yang kurang atau berlebih, bolu bisa menempel atau retak saat digulung. Kamu gak mau kan waktu mempersiapkan bahan dan memanggang jadi sia-sia karena asal menakar bahan di awal?

Baca Juga: 5 Tips Menumpuk Bolu untuk Membuat Kue Tingkat  

3. Pastikan adonan cukup kental

ilustrasi adonan bolu (vecteezy.com/Srinrat Wuttichaikitcharoen)

Dalam proses pengocokan adonan bolu gulung, pastikan teksturnya cukup kental. Konsistensi adonan yang bisa jatuh dengan lembut dari sendok akan memberikan tekstur dan hasil memuaskan. Hal ini menjadi sangat penting agar bolu tidak retak saat digulung atau menempel pada loyang.

Pengocokan yang tepat dan efisien bisa dimaksimalkan dengan pemakaian stand mixer atau hand mixer. Pastikan pengocokan dilakukan secara merata dan tidak overmixing. Kalau adonan sudah cukup kental, maka tinggal masukkan mentega atau margarin cair menggunakan spatula biar mudah diaduk.

4. Masukkan kental manis biar kue lembap

ilustrasi kental manis (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Memasukkan kental manis ke dalam adonan bolu bukan sesuatu yang baru, termasuk saat membuat bolu gulung tape. Bahan satu ini bisa memberikan ekstra kelembutan dan kelembapan pada bolu, karena bahan berperan sebagai ekstra bahan cair. Bahkan rasanya pun jadi semakin nikmat dan manis, lho.

Melansir YouTube Yongki Gunawan dalam How To Make Tape Cheese Roll Cake, disebutkan kalau memasukkan sejumlah kental manis pada bolu ini akan membuat kue jadi lebih fleksibel saat digulung. Oleh karenanya, kamu bisa sertakan bahan tersebut dan takar sesuai resep yang dipakai supaya konsistensi adonan tidak berubah encer.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya