TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Bikin Tiramisu Cake untuk Kue Ulang Tahun

Gunakan base dari kue bolu

ilustrasi kue ulang tahun dari tiramisu cake (pexels.com/Ivan Samkov)

Tiramisu dikenal sebagai salah satu sajian dari Italia berbasis mascarpone dan kopi. Biasanya kudapan ini dimakan sebagai pencuci mulut, namun dapat ditransformasikan sebagai kue ulang tahun yang kaya rasa. Pas untuk kamu yang mencari makanan baru.

Di samping itu, untuk membuat tiramisu cake sebagai kue ulang tahun yang menarik dan nikmat, kamu bisa intip ragam tips berikut ini demi mencapai kepuasan maksimal.

1. Gunakan base dari kue bolu

ilustrasi memotong kue pakai pisau (pexels.com/Anna Shvets)

Biasanya pembuatan tiramisu itu didukung dengan base atau dasar dari biskuit ladyfinger. Tetapi karena akan dijadikan kue ulang tahun maka kamu bisa ganti pakai bolu. Jenisnya bisa berupa sponge cake, genoise, atau sesuai selera.

Biar lebih mirip kue ulang tahun, jangan lupa masak menggunakan loyang bundar supaya makin rapi. Kemudian potong kue jadi 2-3 bagian. Jika ada bagian yang mengembung jangan lupa diratakan supaya lapisan kue jadi rata dan presisi.

2. Sertakan campuran kopi dalam simple syrup

ilustrasi kopi bubuk (pexels.com/Dian York (Zudiel))

Untuk melembapkan kue supaya krim menempel dengan baik, kamu bisa olesi kue bolu pakai simple syrup. Namun demi menonjolkan cita rasa tiramisu yang kaya akan kopi, maka sertakan bahan tersebut dalam sirop. Setelah itu, ratakan di atas potongan bolu.

Membuat simple syrup dengan kopi bisa dibuat dari gula halus, air, dan kopi tanpa ampas. Dengan demikian, sensasi kopi pada tiramisu akan lebih pekat dan nikmat. Jangan lupa gunakan sirop ini ke setiap lapisan kue yang bakal kamu pakai sebagai tiramisu cake.

Baca Juga: 5 Kue dari Bahan Nasi Putih, Rasanya Enak dan Manis

3. Pakai mascarpone frosting agar stabil

ilustrasi mascarpone (pixabay.com/Gianni Crestani)

Lapisan tiramisu juga didukung pakai mascarpone filling untuk menambah kekayaan rasa dan tekstur. Dalam hal ini, kamu bisa gunakan mascarpone frosting supaya lebih stabil dalam menjaga lapisan kue ulang tahun.

Kamu dapat mencampur mascarpone dingin bersama heavy cream, whipping cream, sampai gula. Bisa juga menyertakan kuning telur seperti pembuatan tiramisu klasik. Lapisan ini bisa disertakan setelah kamu menambahkan sirop ke permukaan kue dan ratakan pakai spatula supaya lebih optimal.

4. Cetak menggunakan loyang bundar

ilustrasi adonan dalam loyang (pixabay.com/Hans)

Kalau kamu belum nyaman melakukan proses penyatuan semua elemen kue secara terbuka, maka langkah tersebut dapat dilakukan dengan bantuan loyang bundar. Biar makin gampang dikeluarkan, lebih dianjurkan memakai loyang bongkar pasang.

Kamu bisa sisipkan satu potong kue, sirop, dan cream sampai dua atau tiga tingkat. Kemudian akhiri dengan bubuk cokelat supaya makin mirip dengan tiramisu klasik. Cara ini akan lebih nyaman untuk membentuk kue yang presisi dan rapi.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya