TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Roti Baguette Klasik 5 Bahan, Kulitnya Krispi Maksimal

Gak perlu beli mahal-mahal di toko roti, deh!

ilustrasi roti baguette (pexels.com/Cats Coming)

Baguette adalah salah satu roti populer dari Prancis berbentuk memanjang dengan bagian luar yang krispi. Makanan ini kerap dijadikan hidangan pembuka atau inspirasi menu sarapan dengan bermacam-macam kreasi unik.

Selain membeli di toko roti, kamu juga bisa membuat sendiri roti baguette bermodalkan bahan-bahan sederhana. Dilansir Taste of Artisan, begini resep roti baguette klasik yang bisa kamu buat untuk melengkapi hidangan nikmat di rumah. Cuma pakai 5 bahan!

1. Siapkan bahan-bahan roti

ilustrasi ragi dan tepung (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung serbaguna
  • 360 gram air
  • 2 sdt garam
  • 3 gram ragi instan
  • 1 sdm madu

2. Campurkan bahan hingga membentuk adonan

ilustrasi menguleni adonan (unsplash.com/Adam Bartoszewicz)

Siapkan terlebih dahulu wadah berukuran besar. Masukkan semua bahan, seperti tepung terigu, air, garam, madu, dan ragi instan ke dalamnya. Aduk seluruh bahan secara merata. Kemudian, tutup adonan pakai bungkus plastik selama 10 menit.

Berikutnya, buat perenggangan dan lipatan pada adonan. Lakukan setiap 30 atau 45 menit sekali selama kurang lebih 3 kali. Caranya, tarik satu sisi adonan lalu lipat ke atas. Bulatkan adonan, lalu balik bagian bawah menghadap ke atas mangkuk. Lakukan di ruang hangat supaya tekstur adonan tetap lembut.

Baca Juga: Resep Membuat Roti Boy Toast, Cuma Manfaatin Sisa Roti Tawar 

3. Simpan adonan semalaman di dalam kulkas

ilustrasi adonan roti (pexels.com/Felicity Tai)

Tutup kembali mangkuk adonan memakai plastic wrap hingga rapat dan simpan di kulkas semalaman. Kurang lebih selama 12 atau 14 jam supaya adonan bisa mengembang dengan sempurna.

Keesokan harinya, kamu bisa segera mengeluarkan adonan dari kulkas dan letakkan di atas alas berlapis tepung supaya tidak lengket. Bagi adonan menjadi 3 atau 4, lalu bentuk serupa roti persegi panjang. Tutup adonan dengan kain bersih, diamkan 45-60 menit.

4. Bentuk adonan menjadi roti berbentuk silinder

ilustrasi adonan roti baguette (pixabay.com/vegaa)

Selagi menunggu adonan, jangan lupa panaskan oven dengan suhu 260 derajat Celsius. Letakkan baking stone sebagai alas memanggang roti di bagian atas rak, lalu isi loyang lain memakai air panas dan simpan di bagian bawah oven. Uap air tersebut akan membantu proses memanggang supaya maksimal.

Selanjutnya, regangkan kembali adonan roti hingga memanjang dan melebar. Gulung sisi atas ke dalam supaya bentuknya jadi serupa silinder, lalu tutup jahitan memakai ibu jari, beri penekanannya hati-hati. Kalau sudah selesai, rentangkan sesuai selera.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Paris Baguette, Perpaduan Cita Rasa Eropa dan Asia

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya