TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Oatmilk Latte ala Cafe, Bikin Melek Seharian!

Bahan-bahannya sederhana dan mudah ditemukan

ilustrasi oatmilk latte (pexels.com/Denys Gromov)

Saat berada di cafe atau kedai kopi, nama oatmilk latte sering kali menghiasi menu andalan untuk menemani kamu saat beraktivitas maupun bersantai. Minuman ini bisa bikin kamu kembali segar dan melek seharian, apalagi kalau bahan-bahan yang digunakan berkualitas bagus.

Selain membeli di coffee shop, ternyata oatmilk latte bisa dibuat sendiri dengan cara sederhana. Dilansir Coffee at Three, begini resep pembuatan oatmilk latte yang enak, manis, dan bikin segar!

1. Siapkan bahan-bahan minuman

ilustrasi espresso (pexels.com/Chevanon Photography)

Bahan-bahan:

  • 2 shots espresso
  • ¼ cangkir sirup madu
  • ¾ cangkir oatmilk
  • ¼ sdt gula turbinado atau brown sugar
  • 1 cangkir es batu

Baca Juga: 5 Rekomendasi Susu Oat Milk, Pengganti Susu Biasa yang Menyehatkan

2. Siapkan espresso

ilustrasi menuangkan espresso (pexels.com/Lina Kivaka)

Langkah pertama siapkan terlebih dahulu espresso untuk dijadikan bahan utama pembuatan latte. Idealnya kamu menggunakan blonde espresso, namun versi biasa pun akan tetap terasa lezat.

Berikutnya masukkan espresso tersebut ke dalam gelas dan tambahkan sirup madu sebagai pemanis. Penggunaan sirup madu akan membuat minuman lebih wangi dan bahan ini termasuk gampang larut.

3. Tuangkan susu dan tambahkan es batu

ilustrasi menuangkan susu (pexels.com/Windo Nugroho)

Berikutnya masukkan oatmilk ke gelas tersebut sampai habis. Kamu bisa menggunakan susu oat apapun, tidak harus terpaku pada jenis barista blend yang biasa digunakan di kedai-kedai kopi.

Jika ingin menikmati latte dengan sensasi yang lebih menyegarkan, maka jangan lupa untuk memberikan es batu ke dalamnya. Ini akan menjaga supaya minuman tetap segar dan dalam kondisi dingin.

4. Taburi menggunakan gula

ilustrasi gula cokelat (pixabay.com/moritz320)

Sebagai sentuhan akhir, kamu bisa menambahkan gula turbinado. Karakteristik gula ini mirip seperti gula pasir namun warnanya cenderung kecokelatan. Gunakan sebagai topping dari oatmilk latte.

Jika tidak tersedia, maka gula tersebut dapat diganti menggunakan brown sugar. Ditilik dari segi tekstur keduanya jelas berbeda, namun bisa sama-sama memberikan sensasi manis dan wangi yang khas.

Baca Juga: Cara Buat Apple Cinnamon Latte, Penghangat Tubuh di Waktu Hujan

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya