TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Garlic Aioli, Saus Tidak Pedas yang Rasanya Creamy Abis!

Cocok jadi dip kentang goreng

garlic aioli (freepik.com/freepik)

Terdapat banyak sekali saus tidak pedas yang bisa kamu coba untuk dijadikan cocolan bagi macam-macam makanan favorit, salah satunya adalah aioli. Saus satu ini sangat terkenal khususnya dalam tradisi masakan ala Mediterania.

Dalam versi klasiknya, aioli memiliki tekstur yang mirip mayones, tetapi bahan dasarnya dibuat menggunakan bawang putih serta ada juga yang memakai minyak zaitun. 

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi gurih pada saus ini, maka kamu juga bisa membuat nya di rumah. Tidak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki minyak yang sesuai, karena kamu bisa memanfaatkan mayones sebagai bahan dasar pembuatan saus aioli ini.

Yuk, intip cara pembuatan saus aioli melalui resep yang dilansir dari the The Spruce Eats berikut ini!

 

Bahan Garlic Aioli

ilustrasi bawang putih dan lemon (pexels.com/Iryna Riabchykova)
  1. 1 cangkir mayones
  2. 2½ sdt air lemon
  3. 3 buah bawang putih
  4. Sejumput garam

Baca Juga: Resep Garlic Confit tanpa Oven, Olesan Serbaguna yang Unik

Cara Membuat Garlic Aioli

ilustrasi proses mengaduk adonan dengan spatula (pixabay.com/Esther Merbt)
  1. Pertama-tama, ambil bawang putih kemudian kupas kulitnya sampai bersih.
  2. Setelah itu, mulai cincang bawang putih dengan halus. Kemudian beri sejumput garam.
  3. Langkah berikutnya, miringkan pisau yang dipakai untuk mencincang bawang putih lalu tekan bawang tersebut sampai teksturnya menjadi halus.
  4. Di tempat lain, siapkan mangkuk bersih. Lalu tambahkan mayones. Masukkan juga bawang putih, air lemon, dan sedikit garam. Aduk-aduk sampai seluruh komponen tercampur maksimal.
  5. Kalau sudah pas, tutup mangkuk menggunakan plastik wrap atau kain bersih. Simpan di dalam kulkas untuk memperoleh rasa yang maksimal, minimal ½ jam.
  6. Dengan demikian, garlic aioli siap dinikmati.

Tips Memasak Garlic Aioli

ilustrasi lemon dalam keranjang (pexels.com/SHVETS production)
  1. Bila kamu ragu menggunakan bawang putih mentah, maka bawang putih bisa dipanggang terlebih dahulu untuk mengeluarkan rasa sekaligus aroma smoky agar saus aioli buatanmu jadi lebih kaya rasa. 
  2. Bila ingin ada sedikit rasa menyegarkan pada saus tersebut, kamu juga bisa memasukkan parutan zest dalam adonan. Zest adalah bagian terluar kulit lemon yang mampu memberikan aroma citrus yang cukup dekat namun menyegarkan. 
  3. Selain dicincang, kamu juga bisa menghaluskan bawang putih dengan metode terbaik versi kamu. Terlebih, jika kamu memiliki alat penunjang yang bisa mempercepat proses penghalusan agar lebih maksimal. 
  4. Karena saus ini terkenal lantaran rasanya yang netral, dan apabila kamu ingin membuatnya dalam versi pedas, maka sangat memungkinkan. Kamu bisa menggunakan mayones pedas ataupun bubuk cabai sebagai penunjang rasa dari saus aioli tersebut. 
  5. Kamu juga bisa berkreasi dengan bahan-bahan yang ada di rumah untuk menciptakan saus aioli yang sesuai selera. Misalnya, dengan menambahkan rempah rempah atau herbs pilihan yang mampu menunjang rasa saus sederhana ini agar jadi lebih meningkat. 

Baca Juga: Resep Chicken Wings Bawang Putih, Gurih Renyahnya Bikin Nagih!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya