TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pengaruh Pemakaian Banyak Kuning Telur saat Membuat Kue

Warna dan rasanya bisa berbeda!

ilustrasi kue dengan banyak kuning telur (pexels.com/Phạm Thành Đạt)

Penggunaan telur dalam kue adalah sesuatu yang umum. Namun, jumlah kuning telur yang banyak hanya dapat dijumpai pada kudapan tertentu saja. Hal tersebut akan memberikan sensasi yang lain daripada memakai jumlah putih dan kuning yang sama. Untuk mengetahui ragam pengaruh pemakaian banyak kuning telur dalam pembuatan kue, kamu bisa simak melalui lima informasi berikut ini.

1. Kuning telur memberi warna lebih menarik

ilustrasi kue potong (pixabay.com/Vivian Vivian)

Pemakaian kuning telur dalam jumlah banyak bisa mempengaruhi warna kue secara signifikan. Ia mampu menambah warna kuning yang lebih tajam, sehingga penampilan kue jadi semakin menarik dan cerah tanpa tambahan pewarna.

Hal tersebut bisa kamu jumpai dalam olahan kue spiku, marble cake, lapis legit, dan masih banyak lagi. Jumlah kuning telur yang dipakai bisa mencapai belasan sampai puluhan, sehingga tidak heran kalau warnanya pun akan berubah lebih kuning.

2. Rasa kue jadi lebih kaya dan enak

ilustrasi kue lapis legit (vecteezy.com/Ika Rahma)

Kuning telur itu mengandung lemak lebih tinggi dari bagian putihnya. Hal itu membuat kuning telur sukses memberi sumbangsih berupa rasa yang lebih kaya dan enak. Kedalaman rasa ini susah didapat kalau hanya menyertakan putih dan kuning telur yang imbang.

Kompleksitas rasa dari kuning telur akan memberikan sensasi yang manis, gurih, dan juga dalam. Itu kenapa kue dengan full kuning telur, punya rasa lebih berkarakter dari kue yang memakai telur biasa.

Baca Juga: 4 Kuning Telur untuk Olesan Kue Kering yang Glowing

3. Bisa memberi tekstur yang lembut

ilustrasi kue bolu potong (pexels.com/Cats Coming)

Kandungan lemak yang tinggi pada kuning telur juga bisa mempengaruhi tekstur kue saat dimakan. Keberadaan bahan tersebut akan memberikan sensasi yang lembut dan empuk pada aneka kue, sehingga makanan lebih ringan dikunyah.

Namun hal ini perlu didukung dengan pencampuran adonan dan takaran bahan yang baik supaya hasilnya konsisten. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan kue full kuning telur yang lembut di mulut.

4. Dapat memberi penampilan velvety

ilustrasi kue lapis surabaya (vecteezy.com/Reza Fahmi Kalkasandi)

Penampilan velvety juga bisa didapat dengan menambahkan banyak kuning telur pada adonan kue. Velvety adalah tekstur yang rapat dan berpori ringan, sehingga bisa memberi penampilan satisfying dan mahal. Contoh tekstur seperti ini dapat dijumpai dalam kue spiku atau lapis Surabaya.

Untuk mendapatkan penampilan velvety, tentunya adonan kue harus dicampur dengan cermat tapi tidak overmixing. Lalu bahan perlu juga didukung dengan pemakaian lemak lain seperti mentega dan juga cake flour biar hasilnya lebih memuaskan.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya