TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengolah Lobak untuk Sup, Bisa Kurangi Pahit!

Memasak lobak bersama daging bikin sup lebih gurih

ilustrasi semangkuk sup lobak (vecteezy.com/Bigc Studio)

Lobak merupakan sayuran populer yang sering diolah menjadi masakan sederhana, tak terkecuali dijadikan isian sup. Bahan ini dikenal memiliki rasa cenderung menyegarkan. Namun dalam kondisi tertentu, lobak juga bisa sangat pahit sehingga bisa membuat sup jadi kurang nikmat.

Untuk itu, bagi kamu yang tertarik memasak sayuran ini sebagai pelengkap sup, simak lima tips mengolah lobak untuk sup di bawah ini. Bisa mengurangi rasa pahitnya, lho!

1. Pastikan lobak dalam kondisi segar dan bersih

ilustrasi lobak segar (unsplash.com/Jason Leung)

Pastikan lobak yang digunakan dalam kondisi segar dan bersih. Kamu dapat menggunakan lobak berukuran kecil atau sedang yang memiliki warna cerah. Cara ini bisa membuat sup terasa nikmat dan menyegarkan, sekaligus membantu mengurangi rasa pahit makanan.

Kamu dapat mengupas kulit lobak sampai bersih sebelum dimasak, agar rasa pahitnya berkurang. Kemudian iris tipis lobak tersebut supaya lebih mudah dimakan dan menghasilkan presentasi penyajian yang lebih baik.

2. Rendam lobak bersama garam

ilustrasi garam (pixabay.com/Bruno /Germany)

Langkah yang bisa kamu lakukan untuk menambah kenikmatan lobak dalam olahan sup ialah dengan cara merendam sayuran ini bersama garam. Bahan yang sudah dipotong tipis dapat ditempatkan dalam wadah bersih, kemudian taburi garam secukupnya. Tunggu selama beberapa menit sampai getahnya keluar.

Setelah itu, jangan lupa dibilas agar potongan lobak terpisah dari kotoran, getah, maupun garam yang menempel. Dengan begitu, rasa lobak ini bisa berkurang pahitnya. Bahan pun siap untuk kamu masukkan ke dalam olahan sup biar makin menggugah selera.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Lobak untuk Memasak, Cari yang Segar!

3. Lakukan blansir untuk meredam bau dan rasa pahit lobak

ilustrasi air mendidih (pixabay.com/Three-shots)

Melakukan blansir atau perebusan dalam waktu singkat bermanfaat untuk mengurangi rasa pahit dan bau khas pada lobak. Tinggal siapkan panci bersih, isi air secukupnya, lalu didihkan di api sedang. Setelah itu, masukkan potongan lobak ke dalam air mendidih dan rebus sebentar saja.

Setelah itu lobak langsung dicelupkan ke dalam air es atau air dingin untuk menghentikan proses memasak dan mencegah teksturnya menjadi lembek. Cara tersebut akan mengurangi pahit dan bau dari lobak supaya lebih enak saat disajikan sebagai sup.

4. Masak lobak bersama daging biar makin gurih dan wangi

ilustrasi daging sapi segar (freepik.com/Racool_studio)

Meskipun lobak akan dijadikan sup, tapi bakal jauh lebih menguntungkan bila bahan ini dicampur komponen lain supaya rasanya memikat dan menggugah selera. Contoh bahan paling klop dipadukan bersama lobak adalah daging. Kamu bisa pakai daging ayam, daging sapi, dan sejenisnya untuk memperoleh rasa yang lebih kaya.

Terlebih daging akan mengeluarkan kaldu gurih bila dimasak sebagai sup, sehingga bisa membuat sensasi sup semakin nikmat. Aromanya pun menggugah selera, dan tidak berbau tajam khas lobak. Hanya saja kamu perlu memadukan bumbu yang tepat supaya rasanya semakin legit.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya