TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Buah dalam Isian Martabak Manis, Beri Sensasi Berbeda!

Topping ini sukses menambah rasa nikmat

ilustrasi martabak manis dengan buah (pixabay.com/gian yasa)

Siapa suka martabak manis? Makanan sedap ini memang menjadi kudapan fenomenal yang gak pernah sepi peminat. Ragam isian yang ada di balik lipatan martabak juga sukses menambah daya tarik hidangan, sampai bermunculan isian-isian unik.

Dari berbagai macam isian yang ada, buah juga sering dipakai untuk melengkapi martabak manis biar sensasinya jadi legit dan berbeda. Bagi kamu yang ingin tahu buah apa saja yang sering dipakai, simak di sini, yuk!

1. Buah pisang potong

ilustrasi buah pisang (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Pisang menjadi salah satu buah yang sering dipakai dalam isian martabak manis. Itu karena bahan ini memiliki tekstur sangat lembut dan rasanya selalu cocok dipadukan dengan bahan lain atau kulit martabak itu sendiri.

Kamu bisa menjumpai isian pisang yang dipadukan bersama varian martabak isi keju parut sampai cokelat meses. Terkadang, rasa pisang yang agak asam pun bisa menyeimbangkan isian martabak supaya makin nikmat dan legit saat diicip. Sangat menggugah selera, kan?

2. Olahan kelapa parut

ilustrasi kelapa parut (vecteezy.com/Bigc Studio)

Buah kelapa juga memegang peranan penting dalam isian martabak manis. Bahan satu ini akan menyumbang sensasi manis, gurih, dan tekstur yang khas. Kalau kamu beli di luar pun, menu martabak dengan kelapa hampir selalu mudah ditemui.

Bentuk kelapa yang dipakai untuk isian martabak adalah kelapa parut. Bahan ini pun bisa diolah sedemikian rupa untuk memberi rasa nikmat. Gak digunakan begitu saja, kelapa parut kerap dipadukan dengan isian martabak lain seperti ketan hitam.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Martabak Manis Antigagal, Pemula Wajib Tahu!

3. Buah nangka cincang

ilustrasi buah nangka (pixabay.com/Spencer Wing)

Buah nangka juga terkenal karena bisa dikreasikan dengan macam-macam makanan. Kamu pun dapat menggunakan bahan ini sebagai isian martabak manis. Rasanya jadi semakin legit dan harumnya langsung semerbak.

Nangka yang akan dipakai untuk isian martabak perlu dicincang terlebih dulu agar gampang ditaburkan dan dimakan. Selain itu, bahan ini biasanya disertakan untuk mendampingi martabak topping keju biar tambah unik dan enak.

4. Selai atau vla durian

ilustrasi buah durian (pixabay.com/Najib Zamri)

Gak bisa ditepis kalau durian memang memiliki beragam cara unik untuk diolah. Salah satunya disisipkan sebagai isian martabak manis. Hal yang akan membuat kamu terkesima karena rasanya jadi lebih ringan tapi sangat lezat.

Namun, buah durian tidak dimasukkan utuh ke dalam martabak, melainkan sering dimasak dulu menjadi saus kental atau vla. Ini akan membuatnya lebih mudah disisipkan. Selain dijadikan isian sendiri, durian juga kerap dipadukan bersama keju atau jagung.

5. Stroberi utuh atau selai

ilustrasi buah stroberi (pexels.com/MITSUKI SAWA)

Stroberi memang jarang dipakai daripada buah-buahan yang disebutkan sebelumnya. Itu karena bahan ini lebih sering dipakai sebagai ekstra topping untuk martabak mini atau martabak lenggang. Karena itu pula, pemakaian stroberi kerap dipadukan isian lain.

Di samping itu, pemakaian stroberi dalam martabak manis bukan cuma berbentuk utuh atau dipotong. Pasalnya, ada beberapa kreasi selai stroberi yang dipakai untuk adonan ataupun olesan martabak. Kamu sendiri sudah pernah coba belum?

Isian martabak manis gak terbatas pada cokelat atau keju, karena buah-buahan pun kerap mengambil peran dalam membentuk rasa dan aroma yang lebih menarik. Dari lima macam buah di atas, kamu pernah icip martabak manis dengan isian buah apa saja?

Baca Juga: 4 Cara Menghangatkan Martabak Manis agar Tetap Enak, Simpel!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya