TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Singkong Keju Renyah untuk Teman Ngeteh Sore yang Nikmat

Krispi di luar tapi lembut banget di dalam

singkong keju (instagram.com/reskadias)

Sore-sore enaknya makan camilan, apalagi ditemani secangkir teh hangat, klop banget. Kali ini penulis akan berbagi resep camilan berbahan singkong yang gampang banget dipraktikkan di rumah dengan bumbu yang tersedia di dapur kamu.

Singkong keju ini tergolong unik karena tidak menggunakan keju. Kok bisa? Yap, mungkin dari tekstur luarnya yang renyah dan gurih dan lembut bagian dalamnya, sehingga banyak yang bilang jajanan ini mirip dengan keju.

Singkong keju ini cocok banget jadi temen ngeteh sore yang nikmat, lho. Wajib dipraktikkan, berikut resep singkong keju renyah yang bikin lidahmu bergoyang.

1. Siapkan bahan yang dibutuhkan

ilustrasi menyiapkan bahan (pexels.com/Daniel Dan)

Bahan-bahan:

  • 1 kg singkong
  • 1 sendok makan ketumbar 
  • 2 sendok makan garam
  • 4 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • es batu secukupnya

2. Kupas dan kukus singkong hingga empuk

ilustrasi mengupas singkong (Marcio Skull)

Siapkan wadah, lalu ambil singkong dan kupas kulitnya hingga bersih. Setelah selesai dikupas, potong singkong sesuai selera dan cuci hingga bersih. Kemudian, tiriskan singkong sebentar, ya.

Selanjutnya, siapkan kukusan, lalu masukkan air secukupnya. Kemudian, nyalakan kompor dan tunggu hingga air mendidih. Jika sudah mendidih, segera masukkan singkong dan kukus hingga empuk.

Baca Juga: Resep Gulai Jengkol Daun Singkong, Lezat Untuk Menu Akhir Pekan

3. Haluskan bumbu, lalu masukkan singkong kukus

ilustrasi menghaluskan bumbu (pexels.com/Los Muertos Crew)

Cek singkong, jika sudah empuk, maka matikan kompor dan sisihkan. Siapkan ulekan, lalu masukkan empat siung bawang putih, satu sendok makan ketumbar bubuk, kunyit, dan dua sendok makan garam. Kemudian, ulek hingga halus.

Berikutnya, siapkan wadah lainnya dan masukkan bumbu halus serta es batu secukupnya. Kemudian, tambahkan singkong yang telah dikukus, lalu aduk pelan-pelan hingga bumbu tercampur rata. Diamkan selama sejam hingga singkong mengembang.

4. Goreng singkong hingga matang

ilustrasi menggoreng (pixabay.com/Peggy_Marco)

Jika singkong sudah mengembang, sisihkan dahulu. Siapkan wajan, beri minyak goreng secukupnya.  Goreng singkong sebentar hingga kecokelatan dengan api sedang. Lakukan hingga singkong habis.

Matikan kompor jika singkong selesai digoreng semua. Tunggu singkong yang telah digoreng sebentar agar dingin, lalu masukkan singkong ke dalam bumbu sekali lagi.

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Pisang yang Lembut, Cocok untuk Teman Ngeteh 

Verified Writer

hayyu wardana

menjadi diri sendiri dan mensyukuri segalanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya