TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Nasi Goreng ala Uncle Roger, Dijamin Rasanya Fuiyoh!

Semakin sedap karena ada MSG

ilustrasi nasi goreng (freepik.com/jcomp)

Hello, Niece and Nephew! Buat yang sering nonton YouTube, kamu pasti familier dengan sapaan barusan, kan? Yup, itu adalah slogan dari Uncle Roger yang sering ia ucapkan di awal video YouTubenya.

Kalau kamu belum kenal, Uncle Roger adalah karakter yang diciptakan oleh Nigel Ng, seorang pelawak tunggal asal Malaysia. Karakter buatannya tersebut terkenal lewat aksinya yang sering mengkritik cara masak koki Barat ketika membuat hidangan Asia, terutama nasi goreng.

Gak mau mengkritik saja, Uncle Roger lantas membagikan resep simpel nasi goreng khas buatannya. Kira-kira, gimana cara membuatnya, ya? Yuk, kita lihat sama-sama!

1. Bahan-bahan untuk membuat nasi goreng ala Uncle Roger

ilustrasi bahan-bahan (pexels.com/Polina Kovaleva)

Kalau orang Asia, menurut Uncle Roger, memasak hanya butuh perasaan sehingga gak perlu pakai takaran, begitu pula dengan resep nasi gorengnya. Namun, supaya lebih pas, kamu boleh menggunakan takaran berikut:

  • 4 siung bawang putih,
  • 2 buah bawang merah,
  • 2 batang daun bawang,
  • 2 buah cabai merah,
  • 2 butir telur,
  • 2 sdt lada putih,
  • 2 sdt mecin (MSG),
  • nasi sisa secukupnya,
  • minyak wijen secukupnya, dan
  • minyak kacang/sayur secukupnya.

Baca Juga: Resep Nasi Kuning Rice Cooker yang Simpel, Bikinnya Gampang Banget

2. Potong bawang putih, bawang merah, cabai, dan daun bawang

ilustrasi memotong bawang putih, cabai, dan daun bawang (unsplash.com/Max Saeling)

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memotong sejumlah bahan, yakni bawang putih, bawang merah, cabai, dan daun bawang. Supaya lebih afdal, kamu bisa memakai pisau daging seperti yang Uncle Roger gunakan.

Jadi, geprak bawang putih, lalu cincang menjadi potongan-potongan dadu. Lakukan hal serupa untuk bahan-bahan yang lain. Kalau sudah, tempatkan dalam wadah kecil, lalu sisihkan.

3. Lapisi kuali terlebih dahulu dengan minyak

ilustrasi meminyaki penggorengan (freepik.com/freepik)

Salah satu alat yang wajib kamu miliki untuk membuat nasi goreng ala Uncle Roger adalah wok alias kuali. Nah, yang perlu kamu lakukan adalah lapisi kuali dengan minyak kacang, minyak sayur, ataupun jenis lainnya. Yang penting, jangan pakai minyak zaitun karena Uncle Roger gak suka.

Kalau sudah muncul asap, buang minyaknya. Setelah itu, beri kembali minyak secukupnya dan pastikan kuali terlapisi dengan sempurna, ya!

4. Masak nasi bersama potongan bawang dan telur

ilustrasi memasak nasi goreng (pixabay.com/Hans)

Bahan pertama yang dimasukkan adalah potongan bawang putih dan merah. Goreng hingga harum. Berikutnya, kocok telur, lalu masak sembari mengaduk sampai bentuknya memadat.

Kemudian, masukkan nasi. Kamu bisa menyesuaikan takarannya sesuai selera. Saat digoreng tampilannya kelihatan agak kering, misalnya, kamu boleh menambahkan sedikit minyak seperti yang Uncle Roger lakukan.

Baca Juga: 5 Fakta Nasi Buk, Nasi Campur Khas Madura yang Populer di Malang

Verified Writer

E N C E K U B I N A

Mau cari kerja yang bisa rebahan terus~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya