TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Saus Tomat untuk Pasta yang Gurih dan Menyegarkan

Lebih terjamin kualitasnya daripada beli di supermarket

Ilustrasi saus tomat untuk pasta (pixabay.com/Abdulmajeed Hassan)

Intinya Sih...

  • Pasta menjadi makanan favorit anak-anak, namun membuat saus sendiri lebih terjamin kualitasnya daripada beli di supermarket.
  • Resep saus tomat untuk pasta yang segar dan nikmat terdiri dari tomat, bawang bombai, madu, garam, parsley kering, dan oregano.
  • Cara membuatnya dengan merebus tomat, tumis bawang bombai, tambahkan bumbu hingga mengental. Gunakan tomat segar dan simpan di kulkas jika tidak habis.

Pasta menjadi salah satu makanan favorit anak-anak. Namun, sebagai orangtua, kita pasti ada rasa khawatir untuk memberikan makanan instan kepada mereka. Alih-alih membeli saus instan di supermarket, kita bisa membuat saus sendiri, lho. 

Kualitasnya terjamin, higienis, sehat, dan rasanya pun bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Penasaran dengan cara memuatnya? Ini dia resep saus tomat untuk pasta yang segar dan nikmat. Gak khawatir lagi dengan kualitas dan kandungan gizi untuk si kecil, deh!

Bahan Saus Tomat untuk Pasta

Ilustrasi tomat (pixabay.com/Anelka)
  1. 1 kg tomat
  2. 1/2 buah bawang bombai, cincang
  3. 1/2 sdt madu
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt parsley kering
  6. 1/2 sdt oregano
  7. daun salam, opsional

Cara Membuat

  1. Potong silang sedikit di ujung-ujung tomat. Didihkan air, lalu masukkan tomat.  Masak tomat kira-kira selama10 menit, lalu matikan api.
  2. Setelah dingin buang kulit tomat, kemudian haluskan menggunakan blender. Saring tomat untuk membuang biji-bijinya. Sisihkan.
  3. Tumis bawang bombai hingga harum, lalu masukkan tomat yang sudah dihaluskan tadi. 
  4. Masak suas hingga mendidih dan biarkan sesaat. Tambahkan daun salam, garam, gula, dan oregano. Masak sampai mengental. Koreksi rasanya.
  5. Saus tomat pun siap digunakan. 

Baca Juga: Resep Spaghetti Tom Yam, Sensasi Perpaduan Rasa Italia dan Thailand

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya