TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Mengolah Jamur Kuping, Rasanya Jadi Umami dan Gak Bau!

Gak bakal bau kayu lagi, deh

ilustrasi jamur kuping (alibaba.com)

Mudah diolah, jamur kuping sering diolah menjadi berbagai menu sehari-hari. Selain itu, sayuran yang satu ini juga lezat, rendah kalori, dan kaya gizi. Jamur kuping mengandung protein, serat, asam amino, dan mineral. 

Namun, masih banyak orang yang kesulitan saat memasak jamur kuping, sehingga rasanya jadi kurang lezat dan masih bau kayu. Nah, kali ini IDN Times akan membagikan cara mengolah jamur kuping yang bisa dicoba di rumah. Yuk, simak caranya di bawah ini!

1. Cuci hingga bersih

ilustrasi jamur kuping (alibaba.com)

Pertama, cuci jamur kuping dengan air mengalir hingga bersih. Jangan lupa memijat jamur supaya semua kotorannya hilang dan meminimalisir bau pada jamur. 

2. Rendam jamur kuping dengan air garam

ilustrasi jamur kuping (thriffyfun.com)

Setelah dicuci bersih, kamu bisa langsung merendam jamur kuping dengan air garam. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan bau yang melekat pada jamur. Jika sudah, sisihkan.

Baca Juga: 5 Hidangan Populer yang Bisa Diolah dengan Jamur Portobello

3. Rendam dengan air hangat

ilustrasi merendam jamur kuping (chopsticktherapy.com)

Kalau jamurnya kering, kamu bisa merendamnya dengan air hangat terlebih dahulu. Rendam selama kurang lebih 15 menit hingga jamurnya kembali lunak. Setelah direndam air hangat, cuci jamur terlebih dahulu. 

4. Iris jamur kuping untuk mempercepat perendaman

ilustrasi jamur kuping (thespruceeats.com)

Jika jamur kupingnya belum juga lunak, kamu bisa mengirisnya terlebih dahulu. Setelah itu, rendam ke dalam air hangat selama 30 menit.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Jamur Pengganti Daging Paling Enak, Berani Coba?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya