TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Mudah Marinasi Ayam Filet biar Makin Sedap dan Nikmat

Cukup marinasi selama 30 menit hingga 2 jam

ilustrasi marinasi ayam filet menggunakan bumbu basah (pixabay.com/ivabalk)

Intinya Sih...

undefined
  • Ayam filet mudah didapat di pasaran, tekstur lebih lunak, cocok untuk diet
  • Jangan cuci ayam filet mentah, buat bumbu marinasi basah atau kering
  • Marinasi ayam filet selama 30 menit hingga 2 jam, sesekali balik agar bumbu merata

Ayam kerap menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Daging ayam hingga jeroannya mudah didapat di pasaran. Selain itu, ayam juga bisa dimasak dengan berbagai cara dan bumbu menjadi hidangan lebih bervariasi.

Daging ayam juga bisa jadi pilihan menu diet, terutama ayam filet. Ayam filet merupakan potongan daging tanpa tulang dan kulit. Teksturnya lebih lunak, biasanya kandungan kalorinya lebih rendah, dan bisa dimasak dalam waktu singkat.

Sebelum mengolah ayam filet menjadi berbagai hidangan lezat, sebaiknya dimarinasi dahulu. Hal ini membuat daging ayam lebih beraroma dan kaya rasa. Lantas, bagaimana cara marinasi ayam filet? Yuk, simak langkah-langkah berikut ini!

1. Siapkan ayam filet yang akan dimarinasi

ilustrasi ayam filet (commons.wikimedia.org/Dnor)

Ayam filet yang ada di pasaran biasanya sudah siap untuk dimasak. Kecuali, kamu berniat untuk memfilet ayam sendiri di rumah. Ayam filet biasanya berupa bagian paha dan dada.

Kamu tidak perlu mencuci ayam filet mentah, tapi gunakan tisu untuk mengeringkan permukaannya. Jangan lupa mencuci tangan sebelum dan setelah memegang daging ayam mentah. Sebab, ayam mentah dapat memiliki bakteri di permukaannya, termasuk salmonella yang mudah berpindah ke peralatan dapur.

2. Buat bumbu marinasi

ilustrasi bumbu marinasi (unsplash.com/alphabetania)

Selanjutnya, kamu bisa membuat bumbu marinasi untuk membuat ayam filet lebih lezat. Ada dua jenis bumbu marinasi, yakni bumbu basah dan bumbu kering. Kamu dapat memilih salah satunya dan dapat disesuaikan dengan preferensimu.

Bumbu marinasi nasi basah berupa campuran minyak, cairan asam, dan bumbu penyedap. Kamu dapat menggunakan minyak zaitun maupun minyak goreng. Cairan asam bisa berupa tomat, perasan jeruk, jahe, nanas, yoghurt, dan cuka. Bumbu penyedap, seperti bawang putih, madu, dan rempah-rempah.

Bumbu marinasi basah harus encer, agar mudah meresap ke dalam daging ayam. Setidaknya cukup ¼ inchi ke dalam permukaan daging. 

Sedangkan, bumbu marinasi kering tentu tidak menggunakan cairan apa pun pada campurannya. Seringkali menggunakan bumbu bubuk, seperti cabai, bawang putih, bawang merah, dan jintan bubuk. Beberapa jenis herba juga dapat digunakan sebagai campuran, seperti basil, rosemary, dan sage. 

Baca Juga: Cara Marinasi Tahu agar Bumbu Meresap Maksimal

3. Cara marinasi ayam filet dengan bumbu basah

ilustrasi marinasi ayam filet menggunakan bumbu basah (pixabay.com/ivabalk)

Jika kamu menggunakan bumbu marinasi basah, siapkan wadah berupa mangkuk atau kantong zip-top cukup besar. Masukkan bumbu marinasi yang telah dibuat, lalu tambahkan ayam filet. Setelah itu, tutup rapat dan masukkan ke dalam kulkas.

Sesekali bolak-balik ayam filet selama proses marinasi. Tujuannya supaya bumbu merata dan dapat meresap sempurna. Setelah itu, baru keluarkan ayam dari wadah dan jangan gunakan kembali sisa bumbu marinasinya, kecuali dimasak hingga matang.

Proses marinasi ayam filet membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga 2 jam. Waktu ini lebih singkat daripada daging ayam yang masih disertai kulit dan tulangnya, yang membutuhkan waktu marinasi hingga semalaman.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya