TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bumbu Rawon Istimewa Khas Jawa Timur yang Lezat

Bumbunya dijamin nikmat banget, deh

Ilustrasi rawon (instagram.com/luis_widarto)

Rawon merupakan sejanis sup daging sapi berkuah hitam yang berasal dari Jawa Timur. Makanan ini disukai banyak orang, karena memiliki cita rasa yang unik dan cenderung gurih. Saking nikmatnya, rawon pernah dinobatkan sebagai sup terenak di dunia tahun 2023 oleh TasteAtlas

Rahasia kenikmatan rawon terletak pada perpaduan bumbu dan teknik pengolahan daging sapinya. Tak hanya itu, warna hitam pada rawon yang khas berasal keluak atau kluwek. Rempah ini juga turut andil memberikan rasa unik dan gurih.

Pengin makan rawon, tetapi di dekat tempat tinggalmu tidak ada yang menjualnya? Jangan khawatir! Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bumbu yang nikmat. Simak resep bumbu rawon istimewa khas Jawa Timur di bawah ini, yuk!

Bahan Bumbu Rawon Istimewa Khas Jawa Timur

Potret bumbu rawon (pixabay.com/wonderfulbali)
  1. 2 cm lengkuas, digeprek
  2. 2 cm jahe, digeprek
  3. 1 batang serai, digeprek
  4. 2 lembar daun jeruk nipis
  5. 2 lembar daun salam
  6. 5 buah keluak (kluwek)
  7. 1 batang kayu manis
  8. ‎1/4 sendok teh pala bubuk
  9. ‎1/2 sendok teh jintan bubuk
  10. 1-2 buah asam jawa, rendam dengan sedikit air panas
  11. 1/2 sendok teh lada bubuk
  12. 1/2 sendok teh ketumbar butiran
  13. 1/4 sendok teh jintan
  14. garam secukupnya
  15. kaldu bubuk secukupnya
  16. sendok teh gula pasir
  17. minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu halus:

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai merah besar
  4. 4 buah kemiri sangrai
  5. 1 sendok teh ebi kering
  6. 1 cm kunyit, sangrai
  7. kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuat

  1. Olah keluaknya terlebih dahulu. Pecahkan cangkangnya perlahan, lalu keluarkan keluaknya. Haluskan menggunakan sendok atau ulekan.
  2. Panaskan sedikit minyak. Tumis keluak dengan api kecil sampai matang dan warnanya lebih pekat (sekitar 3-5 menit). Angkat dan sisihkan.
  3. Masukkan semua bahan bumbu halus ke dalam blender atau chopper, kemudian haluskan. 
  4. Panaskan minyak secukupnya. Tumis bumbu halus bersama lengkuas, jahe, serai, daun jeruk nipis, dan daun salam dengan api sedang cenderung kecil.
  5. Setelah aroma harumnya keluar, tambahkan air asam jawa, pala bubuk, jintan bubuk, lada bubuk, garam, kaldu bubuk, dan gula pasir. Aduk merata sampai bumbu benar-benar matang.
  6. Masukkan keluak dan aduk sampai bumbu merata. Matikan api dan diamkan uap panasnya hilang.
  7. Bumbu rawon istimewa khas Jawa Timur siap diolah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Rawon Enak di Malang, Kamu Wajib Coba!

Tips Membuat

  1. Pastikan semua bahan yang digunakan untuk membuat bumbu rawon ini dalam keadaan bagus dan segar. Sebab, kondisi bahan akan berpengaruh pada rasa dan aroma rawon nantinya. 
  2. Kamu harus teliti dan berhati-hati saat membeli keluak. Keluak yang bagus biasanya terasa berat dan isinya terdengar saat digoyang-goyangkan, batok atau cangkangnya utuh dan kuat, dagingnya berwarna hitam atau cokelat gelap, serta rasanya hambar dan sedikit gurih (tidak pahit).
  3. Kalau khawatir biji keluak akan berhamburan saat cangkangnya dipecahkan, kamu bisa membungkusnya terlebih dahulu dengan kain atau plastik makanan. 

Itu dia resep bumbu rawon istimewa khas Jawa Timur yang nikmat. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai stok bumbu dan disimpan di kulkas.

Takaran di atas bisa digunakan untuk mengolah 500 gram daging sapi dan 750 ml-1 liter kuah. Kalau mau membuat lebih banyak, kamu tinggal menyesuaikan takarannya dengan kebutuhanmu. Estimasi durasi memasaknya sekitar 30-45 menit. Selamat mencoba!

Baca Juga: 3 Perbedaan Rawon dan Brongkos, Duo Makanan Berkuah Hitam

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya