TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bolu Pisang ala Ibu Onih Sumedang, Teksturnya Moist Banget

Satu potong bakal kurang, deh

Ilustrasi bolu pisang (instagram.com/trisulistijani.2908)

Jika kamu liburan ke wilayah Sumedang, Jawa Barat, dan mencari oleh-oleh khas sana, pasti banyak orang yang merekomendasikan Bolu Pisang Ibu Onih. Makanan tersebut mudah ditemukan di berbagai sudut tempat di Kota Tahu, baik itu berupa gerai atau toko, bahkan di mobil keliling yang standby di tepi jalan raya.

Sudah ada sejak 1988, bolu pisang buatan Ibu Onih ini teksturnya lembut dan rasa manisnya pas. Satu boks bolu pisang bisa dibagi menjadi beberapa potong, sehingga cocok disantap beramai-ramai bareng keluarga atau kerabat.

Kalau lagi BM alias ngidam bolu ini, tetapi lokasinya tidak bisa dijangkau, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Berikut IDN Times bagikan resep bolu pisang ala Ibu Onih Sumedang. Simak baik-baik, ya!

Bahan Bolu Pisang ala Ibu Onih

Ilustrasi bahan untuk membuat kue bolu (freepik.com/freepik)
  1. 210 gram tepung terigu protein sedang
  2. 10 gram susu bubuk full cream putih
  3. 1/2 sendok teh baking soda
  4. 3 buah pisang raja atau pisang ambon, haluskan dengan garpu
  5. 4 butir telur ayam
  6. 200 gram gula pasir
  7. 1 sendok teh emulsifier
  8.  1/2 sendok teh vanili bubuk atau ekstrak vanila
  9. 50 gram unsalted butter, lelehkan
  10. 100 gram margarin, lelehkan

Cara Membuat

  1. Siapkan wadah untuk mencampurkan adonan. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, dan baking soda, lalu aduk dengan sendok sampai merata. Sisihkan.
  2. Di dalam wadah lain, masukkan telur, gula pasir, dan emulsifier. Aduk dengan mikser sampai bahan-bahan tersebut mengembang dan berwarna putih.
  3. Tambahkan vanili bubuk atau ekstrak vanila dan pisang yang telah dihaluskan ke dalam adonan telur. Aduk kembali dengan mikser sampai tercampur merata.
  4. Masukkan adonan tepung terigu dan susu ke dalam adonan telur yang telah mengembang. Aduk sebentar saja dengan mikser.
  5. Tambahkan margarin dan unsalted butter yang telah dicairkan. Aduk kembali dan pastikan semua bahan sudah tercampur merata.
  6. Siapkan loyang bundar berdiameter 22, tinggi 9 cm, dan bagian tengahnya berlubang. Olesi seluruh permukaan dalamnya menggunakan margarin dan tepung terigu.
  7. Tuang adonan bolu ke dalam loyang dan goyang-goyangkan agar merata.
  8. Panaskan oven pada suhu 170 derajat Celsius, lalu panggang adonan kue bolu selama 45-50 menit. Angkat dan biarkan kue agak dingin.
  9. Setelah dingin, keluarkan kue perlahan dari loyang. Potong sesuai selera.
  10. Bolu pisang ala Ibu Onih siap disantap.

Baca Juga: Resep Kue Bolu Kukus Lipat Warna-warni yang Cantik dan Lembut

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya