TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Kue Labu Kuning Kukus Tanpa Mixer yang Empuk Mengembang

Camilan sehat yang mudah dan praktis dibuat

Ilustrasi kue labu kuning kukus tanpa mixer (YouTube.com/kimam kitchen)

Kita sering menemukan labu kuning dalam kehidupan sehari-hari. Selain mudah ditemukan, teksturnya yang lembut membuat labu kuning sering dijadikan bahan campuran dalam berbagai hidangan.

Salah satu kreasi makanan yang bisa kamu coba adalah kue labu kuning kukus. Menariknya, kue ini bisa dibuat tanpa mikser, lho. Proses pembuatannya yang praktis dan cepat bisa menjadikan kue ini pilihan camilan keluarga yang sempurna.

Dengan rasa manis alami dari labu kuning, kamu bisa menciptakan camilan sehat yang lezat hanya dari rumah. Yuk, simak resep kue labu kuning kukus tanpa mikser berikut ini untuk kamu jadikan camilan di rumah.

Baca Juga: Resep Ongol-ongol Labu Kuning yang Manis dan Lembut Teksturnya

Bahan Kue Labu Kuning Kukus Tanpa Mikser

Ilustrasi labu kuning (freepik.com/freepik)
  1. 125 gram labu kuning kukus
  2. 120 gram tepung terigu pro sedang
  3. 110 gram gula pasir
  4. 2 butir telur
  5. 1 sdt soda kue
  6. 1/2 sdt vanili bubuk
  7. 3 sdm susu kental manis
  8. 65 gram minyak goreng

Cara Membuat

Ilustrasi membuat adonan kue labu kuning kukus (pexels.com/cottonbro studio)
  1. Masukkan labu kuning yang telah dikukus dan dihaluskan ke dalam wadah. Tambahkan susu kental manis, lalu aduk hingga rata, kemudian sisihkan.
  2. Di wadah lain, campurkan dua butir telur suhu ruang, gula, dan vanili. Kocok menggunakan whisk sampai gula larut dan tercampur sempurna.
  3. Selanjutnya, gabungkan adonan labu kuning yang sudah disisihkan ke dalam campuran telur, lalu aduk hingga rata.
  4. Masukkan tepung terigu yang telah diayak dan soda kue sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
  5. Tambahkan minyak goreng dan aduk kembali hingga tidak ada gumpalan tepung dan semua bahan tercampur rata dengan spatula atau whisk.
  6. Sambil menyiapkan adonan, panaskan kukusan dan olesi loyang dengan sedikit minyak serta taburi sedikit tepung. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan.
  7. Kukus adonan selama sekitar 25 menit dengan api sedang cenderung kecil hingga kue matang sempurna. Pastikan tutup kukusan dilapisi kain agar uap air tidak menetes ke kue.
  8. Untuk mengecek kematangan, tusukkan tusuk gigi ke dalam kue. Jika tusuk gigi keluar bersih, artinya kue labu kuning sudah matang dan siap diangkat.
  9. Setelah matang, biarkan kue dingin sejenak sebelum dipotong-potong dan disajikan.
  10. Kue labu kuning kukus siap dinikmati.

Baca Juga: Resep Klepon Labu Kuning yang Kenyal, Isiannya Lumer di Mulut

Tips Membuat Kue Labu Kuning Kukus Tanpa Mikser

Ilustrasi kue labu kuning kukus (freepik.com/freepik)
  1. Pilih labu kuning yang matang sempurna untuk mendapatkan tekstur dan rasa lebih lembut serta manis. Labu yang sudah matang biasanya ditandai dengan daging berwarna oranye tua dan tekstur halus saat dikukus.
  2. Hindari menggunakan labu yang terlalu keras atau mentah karena dapat membuat adonan menjadi kurang halus.
  3. Untuk hasil kue yang lembut, pastikan labu kukus dihaluskan hingga benar-benar lembut. Kamu bisa menggunakan garpu atau blender untuk melumatkannya. Jika masih ada serat atau gumpalan, saring labu yang sudah dihaluskan agar adonan kue menjadi lebih halus.
  4. Meskipun tanpa mikser, saat mencampurkan bahan-bahan, aduk perlahan menggunakan spatula atau whisk. Hindari mengaduk terlalu kuat karena dapat membuat kue menjadi bantat.
  5. Sebelum dikukus, adonan yang telah dituangkan ke dalam loyang dapat digoyangkan perlahan dan dihentakkan dengan lembut agar kue tidak berongga.
  6. Setelah kue matang, biarkan dingin di dalam loyang selama beberapa menit agar teksturnya lebih padat. Kue yang masih panas cenderung rapuh saat dipotong. Dengan menunggu sejenak, kue akan lebih mudah dipotong dan disajikan.

Bahan dan cara membuat kue labu kuning kukus tanpa mikser sangat mudah, sehingga bisa dilakukan oleh siapa pun, termasuk pemula. Kue ini sempurna untuk kamu sajikan sebagai camilan sore hari maupun teman minum teh. Jadi, selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Cheesekuit Strawberry, Camilan Manis yang Praktis dan Creamy!

Verified Writer

Elvina Ekaningtyas Damayanti

@elvina.ekd

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya