TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Kue Ape Takaran Sendok, Cara Buatnya Simpel dan Cepat

Camilan enak buat teman ngopi atau ngeteh

Kue Ape (commons.wikimedia.org/Asian Food Network)

Jika kamu penggemar jajanan jadul, pasti sudah tak asing lagi dengan kue ape. Kue ape atau kue tete ini merupakan camilan tradisional asal Betawi dengan ciri khas berupa bagian tengahnya yang empuk serta tebal dan bagian pinggir yang renyah.

Kue ape biasanya mudah ditemukan di pinggir jalan maupun pasar tradisional. Meski terlihat sederhana, ternyata membuat kue ape membutuhkan ketepatan takaran dan teknik yang pas, lho.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba membuat di rumah tanpa ribet, di bawah ini ada resep kue ape dengan takaran sendok yang simpel. Rasanya juga tak kalah enak dibandingkan dengan kue ape yang dijual di luar sana, kok!

Baca Juga: Resep Kue Semprit Sederhana 3 Bahan Mudah Dibuat

Bahan Kue Ape Takaran Sendok

Ilustrasi bahan untuk membuat kue ape (freepik.com/freepik)
  1. 15 sdm tepung beras
  2. 10 sdm tepung terigu pro sedang
  3. 10 sdm gula pasir
  4. 400 ml santan encer
  5. 1/4 sdt soda kue
  6. 1/2 sdt baking powder
  7. 1/2 sdt garam
  8. 1/2 sdt pasta pandan

Cara Membuat

Ilustrasi membuat kue ape (instagram.com/mbokke_syazasyam)
  1. Campurkan seluruh bahan kering yang terdiri dari tepung beras, tepung terigu, gula, garam, soda kue, dan baking powder ke dalam satu wadah. Aduk menggunakan whisk hingga tercampur rata.
  2. Setelah itu, masukkan santan sedikit demi sedikit secara perlahan sambil diaduk hingga adonan tidak bergerindil.
  3. Tambahkan pasta pandan untuk memberikan warna hijau, lalu aduk menggunakan whisk hingga warnanya merata.
  4. Diamkan adonan selama 30 menit dengan menutupnya menggunakan kain bersih atau plastic wrap agar adonan bisa mengembang dan menghasilkan tekstur yang lebih baik saat dimasak.
  5. Setelah adonan mengembang, aduk perlahan untuk menghilangkan udara yang terjebak supaya kue tidak mengembang secara berlebihan.
  6. Sambil menunggu, panaskan wajan antilengket berbentuk cekung atau teflon kecil berbentuk cekung dengan api kecil.
  7. Olesi sedikit minyak atau margarin, lalu ambil satu sendok sayur adonan dan tuang ke tengah wajan yang sudah panas. Tuang dengan gerakan memutar ke arah tepi agar adonan membentuk lapisan tipis di bagian pinggir.
  8. Tutup wajan dan masak hingga bagian pinggir kue mengering serta tengahnya mengembang sempurna.
  9. Setelah matang, angkat kue secara perlahan, mulai dari bagian pinggirnya agar tidak sobek.
  10. Kue ape takaran sendok siap dihidangkan.

Baca Juga: Resep Kue Ape Santan Sederhana, Kuliner Khas Betawi yang Lembut  

Tips Membuat Kue Ape yang Lembut dan Gurih

Ilustrasi kue ape yang gurih (commons.wikimedia.org/ChokyAndri)
  1. Supaya tekstur adonan lebih lembut dan tidak bergerindil, saring terlebih dahulu tepung beras, tepung terigu, dan santan sebelum mencampurkannya menjadi satu.
  2. Saat mencampur bahan, hindari mengaduk terlalu kuat setelah menambahkan santan karena ini dapat mengurangi kelembutan kue.
  3. Pastikan wajan cekung atau teflon yang akan digunakan sudah benar-benar panas sebelum menuang adonan. Wajan yang cukup panas akan membuat pinggiran adonan langsung kering dan terbentuk dengan baik.
  4. Agar bentuk kue ape cantik, tuang adonan dengan cara yang tepat. Mulailah dari tengah dan putar ke arah pinggir atau tuangkan adonan sedikit demi sedikit dari tepi atas agar adonan mengalir ke bagian tengah wajan. Ini adalah kunci untuk menciptakan tekstur pinggiran yang renyah.
  5. Gunakan api kecil untuk menghindari bagian tengah kue terlalu cepat matang sementara pinggirannya belum kering. Api kecil membantu adonan matang perlahan dan merata.
  6. Sangat penting untuk menutup wajan saat memanggang agar kue matang merata. Selain itu, jika penutup wajan berembun, segera lap bagian dalamnya agar air tidak menetes ke permukaan kue.

Meskipun hanya menggunakan takaran sendok sederhana, kamu tetap bisa membuat kue ape yang nikmat sebagai camilan teman ngeteh atau ngopi di rumah. Yuk, coba resepnya dan nikmati kue ape hasil buatanmu sendiri bersama keluarga!

Baca Juga: Resep Pisang Goreng Madu, Camilan Enak dan Gak Ribet

Verified Writer

Elvina Ekaningtyas Damayanti

@elvina.ekd

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya