TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Kue Cum-cum Manis dengan Fla Lembut, Rasanya Bikin Nostalgia

Renyah di luar, lembut di dalam

kue cum-cum (instagram.com/liailyas)

Kamu pasti sudah gak asing dengan kue cum-cum, 'kan? Kue jadul yang berbentuk seperti rumah siput ini juga disebut dengan horn pastry.

Dulu sangat mudah membeli kue satu ini, tapi seiring banyaknya kue kekinian, kue cum-cum pun terlupakan. Padahal soal rasa, kue cum-cum gak kalah enak. Tekstur luarnya kering dan renyah karena ada taburan gula pasir, pun bagian dalam diisi dengan fla lembut nan manis.

Biar kangenmu dengan kue ini terobati, gak ada salahnya kok kalau mencoba bikin sendiri! Resep kue cum-cum ini cukup sederhana. Kamu yang baru belajar membuat kue, pasti juga bisa. Berminat coba?

1. Bahan yang dibutuhkan

ilustrasi bahan membuat kue (pexels.com/cottonbro)

Untuk membuat kue cum-cum yang nikmat dan seperti yang pernah kamu makan sewaktu kecil, ada cukup banyak bahan yang perlu dipersiapkan. Catat, jangan sampai ada yang lupa ya!

Bahan untuk kulit: 

  • 1 bungkus kulit pastry
  • Gula pasir secukupnya
  • 2 kuning telur untuk olesan
  • 1 sendok makan minya sayur untuk olesan

Bahan untuk isi fla: 

  • 500 ml susu rasa vanila cair
  • 120 gram gula pasir 
  • 2,5 sendok makan maizena
  • 1 sendok makan munjung tepung terigu
  • 1 butir kuning telur ayam
  • 1,5 sendok makan margarin
  • 1 sendok teh pasta vanila

Baca Juga: Anti Ribet, 5 Ide Camilan dari Puff Pastry Instan yang Mudah dan Enak

2. Buat isian fla terlebih dahulu

ilustrasi bahan kue (pexels.com/Nicole Michalou)

Dalam sebuah mangkuk, masukkan tepung terigu, maizena, kuning telur, susu, dan pasta vanila. Aduk menggunakan spatula sampai seluruh bahan jadi satu dan merata.

Kemudian pindahkan ke dalam panci dan masak sambil terus diaduk hingga mengental. 
Ingat, aduk sampai bagian bawah supaya gak gosong, ya! Kalau sudah meletup-letup, matikan kompor dan masukkan margarin. Aduk-aduk terus sampai margarinnya mencair dan tercampur. Setelahnya, sisihkan. 

3. Buat kulit pastry renyah

kue cum-cum (instagram.com/ennik_ollanay)

Karena menggunakan adonan pastry yang sudah jadi, tentu akan lebih mudah, nih. Kamu cukup potong-potong kulitnya dalam ukuran 2 cm × 35 cm. Kemudian siapkan cetakan kue cum-cum dan olesi dengan mentega. Lilitkan adonan pastry ke cetakan sampai habis. 

Olesi satu per satu adonan pastry tadi dengan kuning telur dan taburi dengan gula pasir. Tata di dalam sebuah loyang dengan rapi supaya gak saling menempel. 

4. Panggang kulit pastry dan isi dengan fla

kue cum-cum (instagram.com/ennik_ollanay)

Panaskan oven dalam suhu 200° C. Kemudian panggang kulit pastry tadi selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Setelah matang, diamkan sampai dingin. 

Masukkan fla sedikit demi sedikit ke dalam pastry tersebut sampai penuh. Lakukan sampai isinya habis atau kulit pastry terisi seluruhnya. 

Baca Juga: Resep Kue Talam Abon, Jajanan Jadul yang Nikmatnya Bikin Nostalgia

Verified Writer

Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya