TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Fettuccine alla Papalina, Pasta Terpopuler dari Vatikan

Gampang banget dicoba sendiri di rumah

ilustrasi fettuccine alla papalina (pexels.com/Engin Akyurt)

Tahukah kamu kalau Negara Vatikan adalah satu-satunya negara di dunia yang tidak memiliki hidangan nasional resmi? Bicara soal makanan tradisional Vatican pun tak jauh-jauh dengan hidangan ala Roma seperti gelato, tiramisu, sampai dengan pasta. 

Salah satu jenis pasta yang populer di sini adalah fettuccine alla papalina atau fettuccine paus. Dari segi tampilan tak beda jauh dengan carbonara, tapi dengan versi ada telur dan kacang polongnya. Penasaran rasanya seperti apa? Tak peru jauh-jauh ke Vatikan, yuk recook fettuccine alla papalina berikut ini! 

Bahan Fettuccine alla Papalina

ilustrasi pasta (pexels.com/Klaus Nielsen)

  1. 400 gram fettuccine kering 
  2. 1 bawang bombay ukuran kecil yang sudah dikupas dan dicincang halus 
  3. 250 gram kacang polong segar
  4. 300 gram ham
  5. 200-250 ml krim kental 
  6. 3 butir telur
  7. 200 gram keju parmigiano yang sudah diparut 
  8. 25 gram mentega yang sudah dicairkan 
  9. Garam secukupnya 
  10. Lada hitam tabur secukupnya

Baca Juga: 6 Makanan Favorit Pope Francis, dari Pasta hingga Pizza

Cara Membuat Fettuccine alla Papalina

ilustrasi memasak (unsplash.com/Alyson McPhee)

  1. Kupas kacang polong segar yang akan digunakan sampai bersih, lalu rebus dengan air garam sampai setengah empuk. Tiriskan. Selanjutnya potong ham menjadi bentuk kubus kecil. Sisihkan. 
  2. Lanjutkan dengan mengocok telur dalam mangkuk sampai larut dan tambahkan parutan keju parmigiano. Sisihkan. 
  3. Didihkan air dengan dicampur sedikit garam untuk merebus pasta. Rebus pasta sampai al dente atau sesuai selera. Matikan kompor setelah matang, tiriskan dan sisihkan.
  4. Selanjutnya tumis bawang bombay cincang dalam sebuah penggorengan menggunakan mentega. Masak sampai wangi untuk selanjutnya ditambahkan ham dan masak sampai matang. 
  5. Tuang kacang polong dan masak sebentar sambil dituang air sedikit supaya kacang lebih empuk. Jika sudah, masukkan krim kental dan aduk sampai krimnya menyusut. Beri lada dan garam, aduk-aduk lagi, jangan lupa tes rasanya. 
  6. Mauskkan pasta ke dalam masakan, tuang kocokan telur  plus keju di atasnya. Campur semuanya sampai pasta merata. Matikan kompor dan sajikan segera dengan taburan lada hitam bubuk. Biar makin creamy, tak masalah jika kamu mau tambahan keju parut lagi di bagian atasnya setelah disajikan!

Verified Writer

Dyar Ayu

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya